Seribu Hektar Lahan Hutan Cagar Biosfer di Riau Jadi Kebun Sawit


Pantes Harisson Ford ngamuk !
 
Kamis, 31/10/2013 13:59 WIB

 

 

Chaidir Anwar Tanjung – detikNews

 
 
 

Pekanbaru, – Kawasan hutan cagar biosfer Giam Siak Kecil di Riau yang telah ditetapkan Unisco kini dirambah. Diperkirakan sudah seribu hektar lahan dirambah untuk perkebunan kelapa sawit.

Kabid Humas Polda Riau, AKBP Guntur Aryo Tejo kepada detikcom, Kamis (31/10/2013). Menurutnya, hasil operasi yang dilakukan Polres Bengkalis bersama Brimob Polda Riau diketahui perambahan liar semakin meluas.

“Diperkirakan perambahan sudah dilakukan sejak tahun 2009 lalu. Perambahan justru dilakukan di bagian tengah kawasan cagar biosfer yang merupakan kawasan gambut,” kata AKBP Guntur.

Modus perambahan yang dilakukan, kata Guntur, ada dalam bentuk perorangan ada juga membawa nama koperasi desa. Ada juga keterlibatan warga sekitar kawasan yang menjual ke masyarakat lain.

“Kawasan dibuka untuk perkebunan sawit dengan cara menjual ke warga luar kawasan. Selain itu kayu-kayu hasil penjarahan kembali dijual,” kata Guntur.

Di dalam kasus perambahan kawasan cagar biosfer Giam Siak Kecil, pihak Polda Riau telah menetapkan lima orang sebagai tersangka dengan barang bukti 20 ton kayu alam. “Tim kita masih memburu pelaku perambahan lainnya. Sejumlah nama-nama sudah ada, tinggal menangkapnya saja,” kata Guntur.

Kawasan hutan gambut Giam Siak Kecil dan Bukit Batu seluas 106.467 hektar yang ditetapkan sebagai cagar biosfer terletak di Kabupaten Bengkalis dan Kabupaten Siak, Riau. Sebagian besar dari areal itu, yakni 72.255 hektar, merupakan eks hutan produksi PT Sinar Mas Forestry (perusahaan HTI yang memasok kebutuhan kayu pabrik pulp dan kertas PT Indah Kiat) yang dialokasikan untuk hutan konservasi permanen.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: