2014, Wirausaha Muda di Indonesia Tembus 4,7 Juta


 

“Kami menargetkan ada peningkatan sekitar 0,5 persen di tahun depan.”

ddd
Kamis, 14 November 2013, 07:36Antique, Daru Waskita (Yogyakarta)
Salah satu hasil kerajinan tangan.

Salah satu hasil kerajinan tangan.(VIVAnews/Anhar Rizki Affandi)
 
 
VIVAnews – Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) menargetkan pada 2014, wirausaha muda di Indonesia akan mencapai 4,7 juta atau 1,6 persen dari jumlah penduduk Indonesia.
 
Sedangkan wirausaha muda di Indonesia saat ini, mencapai 3,7 juta atau sekitar 1,5 persen dari jumlah penduduk di Indonesia.
 
“Kami menargetkan ada peningkatan sekitar 0,5 persen wirausaha muda Indonesia di tahun depan,” kata Menteri Pemuda dan Olahraga, KRTM Roy Suryo, saat ditemui dalam acara loka karya Forum Wirausaha Muda Nasional Tahun 2013 di Yogyakarta, semalam
 
Menurut Roy, menyiapkan wirausaha muda sangat penting karena Indonesia akan memasuki Asean Community yang akhirnya semua produk dari luar negeri bakal membanjiri Indonesia. Indonesia pun punya kesempatan memasarkan produknya ke luar negeri.
 
“Ketika kita tidak siap dengan wirausaha muda, kita akan menjadi penonton dan hanya sebagai pasar produk luar negeri,” jelasnya.
 
Politisi Partai Demokrat ini mengatakan hal yang diperlukan bagi wirausaha muda adalah semangat untuk maju, karena hal-hal yang tradisional pun bisa diangkat sebagai karya yang disenangi masyarakat.
 
“Bayangkan, musik gamelan yang tradisional ketika diramu dengan kendang dan beberapa musik lainnya menjadi sangat menarik dan laku di pasaran,” ujarnya.
 
Kearifan lokal bagi wirausaha muda juga sangat perlu diterapkan seperti di Yogya dengan kata Memayu Wahyuning Bawono, yang artinya Memperindah Indahnya Dunia. Bagaimana suatu produk itu juga peduli dengan lingkungan dan menjaga komunitas antarmanusia. “Suatu produk juga menimbulkan kepercayaan terhadap penciptanya,” kata Roy.
 
Dan yang perlu diingat, lanjutnya, dengan kemajuan zaman, maka pemasaran kini dapat dilakukan dengan online atau melalui internet. “Bertemunya wirausaha muda dari 33 provinsi ini juga dapat dimanfaatkan untuk saling tukar pengalaman, bahkan bisa saling memasarkan produknya,” tuturnya. (adi)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: