Kenaikan Harga Gas Elpiji Tunggu Pemerintah


SELASA, 26 NOVEMBER 2013 | 12:33 WIB

 

Kenaikan Harga Gas Elpiji Tunggu Pemerintah

Tabung gas Elpiji. TEMPO/Aditia Noviansyah

 
 

 

 

TEMPO.COJakarta – PT Pertamina (Persero) menyatakan, pemerintah sudah menyadari perlunya kenaikan harga penjualan gas elpiji 12 kilogram. “Kenaikan itu pasti, tapi untuk timing belum tahu, apakah Januari tahun depan atau kapan,” kata Vice President LPG & Product Gas Pertamina, Gigih Wahyu Hari Irianto, kepadaTempo, Selasa, 26 November 2013.

Dia menjelaskan, Pertamina sampai sekarang belum menaikkan harga gas elpiji 12 kilogram karena berempati terhadap kondisi ekonomi makro. Meski demikian, Gigih mengungkapkan, Pertamina mengalami kerugian Rp 5.000-5.100 untuk setiap kilogram gas elpiji. “Kami mintanya harga dinaikkan Rp 2.500 per kilogram untuk mengurangi kerugian,” ujarnya.

Secara regulasi, semestinya kenaikan harga itu bisa diimplementasikan karena Pertamina tidak memerlukan izin dari pemerintah untuk melakukannya.

Sebelumnya, juru bicara Pertamina, Ali Mundakir, mengungkapkan bahwa tahun ini Pertamina masih menanggung rugi karena tidak menaikkan harga penjualan gas elpiji 12 kilogram. “Kami perkirakan masih sama dengan tahun lalu ruginya. Kita proyeksikan sekitar Rp 5 triliun rugi di 2013 untuk (penjualan) elpiji 12 kilogram,” kata dia.

Menurut dia, hingga saat ini, Pertamina belum memiliki rencana menaikkan harga elpiji 12 kilogram. “Sampai saat ini, belum ada rencana kenaikan dari Pertamina, belum ada,” kata Ali.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: