Ekspor Mineral Mentah Dilarang, Newmont Bakal Mati


Selama ini hanya menggaruk dan bagi bagi jatah ke pejabat dan elit (lokal dan nasional ) saja. Berapa pajak yang berhasil disetor si Newmont ?? Tipis pastinya. Sudah baik langkah pemerintah memberlakukan UU Minerba ini, biar tukang garuk bumi ini pada mati !
 
KAMIS, 26 DESEMBER 2013 | 15:40 WIB

 

Ekspor Mineral Mentah Dilarang, Newmont Bakal Mati

Chatib Tegaskan Pemerintah Pusat Beli Saham Newmont

 
 

 

 

TEMPO.COJakarta – Bupati Sumbawa Barat Zulkiefli Muhadli memperkirakan, larangan ekspor mineral mentah yang berlaku mulai 12 Januari 2014 bakal memukul PT Newmont Nusa Tenggara. “Kalau Undang-Undang Minerba dilaksanakan secara konsisten, Newmont pelan-pelan akan mati,” ujarnya dalam sebuah seminar di Gallery Cafe, Taman Ismail Marzuki, Jakarta, Kamis, 26 Desember 2013.

Menurut Zulkiefli, hanya 25 persen dari seluruh hasil tambang Newmont yang dimurnikan di smelter dalam negeri, tepatnya PT Smelting di Gresik, Jawa Timur. Itu pun, katanya, hanya produk tembaga.

Jika PT Newmont benar-benar membatasi produksi atau bahkan tutup, menurut Zulkiefli, tentu akan terjadi pemutusan hubungan kerja karyawan besar-besaran. “Tentu kami tak menginginkan itu,” ujarnya.

Karena itu, Zulkiefli menyatakan bahwa dirinya telah menyurati Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Ia meminta agar Presiden menunda pelaksanaan Undang-Undang Nomor 4 Tahun 2009 tentang Pertambangan Mineral dan Batu Bara.

Selain itu, Zulkiefli juga menyatakan bahwa dirinya telah berkomunikasi dengan Menteri Koordinator Perekonomian serta Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral. Hasilnya, “Saya duga sebentar lagi akan ada peraturan pemerintah pengganti undang-undang yang intinya memberi tenggat waktu untuk pembangunansmelter,” tuturnya.

Menurut dia, tenggat yang akan diberikan untuk membangunsmelter itu sekitar tiga tahun. Selama itu, perusahaan-perusahaan tambang akan dibolehkan mengekspor mineral mentah dengan kompensasi berupa jaminan atau tambahan pajak. “Saya kira akan ada win-win solution,” ujarnya.

PINGIT ARIA

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: