Krisis Keuangan 2008 :Tiga Bank BUMN Dapat Rp15 T, Selain Century


Bravo Faisal Basri ! Banyak Ekonom, pengamat keuangan dan juga banker yang diam saja mengenai hal ini.
Jelas sudah Kasus Century memang digoreng dari awal oleh Golkar , mulai dari si JK sampai ABR. Maklum Bank Century selama bertahun tahun adalah lumbung, tempat para pencoleng dan penggelap pajak menyimpan uang mereka. Banyak dari mereka menginginkan bank ini dibankrutkan saja, bukan ditolong oleh LPS.  Ketika bank Century ditolong oleh LPS maka jejak para penggelap pajak (perusahaannya ABR, paling banyak) jadi terang benderang. Itu sebabnya dari awal yang paling ofensif mengenai Bank Century adalah GOLKAR .
Headline

ist
Oleh: Wiyanto
pasarmodal – Minggu, 16 Februari 2014 | 00:07 WIB

INILAH.COM, Jakarta – Pengamat mengungkapkan pada saat krisis keuangan 2008, tiga Bank Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mendapatkan bantuan suntikan dana mencapai Rp15 triliun.

Pengamat ekonomi Faisal Basri mengatakan suntikan modal tersebut untuk menjaga likuiditas ketiga perbankan tersebut. “Pada 2008 tidak hanya Bank Century yang mendapatkan suntikan tapi Bank Mandiri, Bank Negera Indonesia dan Bank Rakyat Indonesia mendapatkan suntikan hampir Rp15 triliun,” kata Faisal pada diskusi nasib kasus Bank Century di Jakarta, Sabtu (15/2/2014).

Faisal mengatakan pada saat itu, ketiga Bank BUMN tersebut akan goyang bila tidak mendapatkan suntikan dana. Sebab akan banyak nasabah yang menarik uangnya pada saat krisis itu. Kalau banyak penarikan, itu akan menggerus likuiditas.

“Ini yang waktu itu belum terungkap ke publik, tahunya kan ke Bank Century saja . Padahal tiga Bank BUMN juga dapat suntikkan,” jelasnya.

Sosok yang pernah menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) itu menyatakan alasanya suntikan tersebut tidak terungkap ke publik karena direksi Bank BUMN pada diam saja. “Jadi nggak ada yang tahu, pada yimpan rahasia,” tuturnya. [hid]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: