Penawaran Didominasi Asing, Bank BUMN Diharapkan Beli Bank Mutiara


Thursday, April 03, 2014       10:47 WIB

Ipotnews – Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) berharap bank-bank BUMN menyampaikan minatnya untuk membeli saham PT Bank Mutiara Tbk (BCIC) kepada PT Danareksa Sekuritas selaku penasihat keuangan LPS.

Menurut Kepala Eksekutif LPS, Kartika Wirjoatmodjo di Jakarta (3/4) sejauh ini sudah ada tujuh investor yang menyatakan minatnya untuk membeli Bank Mutiara [BCIC 0 -50 (-100,0%)]. “Kami berharap masih ada dua atau tiga lagi calon investor yang menyatakan minatnya, sehingga ada sepuluh investor yang akan ikut tender,” katanya.

Kartika mengatakan, secara umum calon investor yang akan membeli Bank Mutiara terbagi dalam dua kelompok, yaitu perbankan dan private equity investment. “Calon investor yang dari bank, seluruhnya merupakan investor asing. Kami mendorong bank BUMN bisa agresif melakukan penawaran,” ucap Kartika.

Dia menyebutkan, saat ini ada tiga negara yang tertarik untuk berekspansi di industri perbankan Indonesia, yakni China, Jepang dan Malaysia. “Bank asing yang akan membeli Bank Mutiara adalah bank yang belum mempunyai cabang di Indonesia,” imbuhnya.

Lebih lanjut Kartika mengatakan, dalam upaya memperluas kesempatan kepada investor untuk membeli Bank Mutiara, LPS mengubah batas akhir penyampaian minat menjadi 22 April 2014 dan batas akhir penyerahan dokumen dipersyaratkan berubah menjadi 29 April 2014.

“Saat ini bank lokal tidak ada yang menawar. Calon investor lokal yang dari private equity juga sedikit. Sehingga, perluasan waktu pendaftaran ini diharapkan bank BUMN menyatakan minatnya,” ujar Kartika.

(Budi/mk)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: