Penciptaan Lapangan Kerja Ciut


Pemerintah membantah ada intervensi pada perubahan metodologi perhitungan kependudukan BPS.

PENCIPTAAN lapangan kerja pada Februari 2013-Februari 2014 menciut cukup jauh ketimbang periode sebelumnya.Deputi Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Bidang Statistik Sosial Wynandin Imawan mengatakan, dengan tambahan 1,7 juta penduduk bekerja di survei terakhir, pemerintah sekadar mengurangi penganggur 50 ribu orang.

Adapun tingkat pengangguran terbuka (TPT) Februari 2014 menjadi 5,7% dari total angkatan kerja atau 7,15 juta orang dari 125,32 juta angkatan kerja.

“Tahun lalu, pertumbuhan Februari (2013) ke Februari (2012) itu kan (penganggur) dari 7,66 juta jadi 7,2 juta, berarti sekitar 460 ribu. Sekarang hanya 50 ribu,“ katanya dalam jumpa pers di Jakarta, kemarin. “Artinya tetap pekerjaan tersedia, tapi tingkat pertambahannya jauh lebih rendah dari 2012 dan 2013.“

Itu disebabkan ekonomi tumbuh melambat. Dari data BPS, pertumbuhan tahunan di kuartal I 2014 hanya 5,21%.
Setahun lalu, lajunya masih 6%.

Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Muhaimin Iskandar mengaku tidak puas dengan tipisnya penurunan TPT. Di samping faktor deselerasi, ia menyebut pertumbuhan selama ini pun belum signifikan menyerap tenaga kerja baru. Adapun dari total angkatan kerja saat ini, 118,17 juta di antaranya bekerja. Dari lapangan usaha tersebut, hanya sektor pertanian yang turun, yakni pupus 280 ribu orang.

Menurut pengamat pertanian Khudori, itu menguatkan fenomena sektor pertanian tidak lagi jadi harapan dan menarik tenaga kerja. “Persoalan tenaga kerja pertanian bukan cuma jumlahnya turun, tapi pendidikan mereka rata-rata lulusan SD, dan berusia tua. Hasil sensus pertanian 2013, 33% tenaga kerja pertanian berusia di atas 54 tahun.“

Curiga Di lain hal, data TPT yang berkurang mendapat sorotan lantaran didasarkan pada perubahan metodologi perhitungan kependudukan.

Semula BPS memakai estimasi jumlah penduduk dari hasil Sensus Penduduk 2010 yang dibandingkan dengan 2000. Untuk survei TPT 2014, BPS membuat proyeksi pertumbuhan penduduk berdasarkan asumsi hal-hal yang hendak dilakukan pemerintah.
Umpama, terkait kelahiran bayi, kematian, dan migrasi penduduk. Asumsi itu didasarkan atas Buku Proyeksi Penduduk Indonesia 2010-2035.

Perubahan asumsi membuat jumlah penduduk usia 15 ke atas bertambah.
Alhasil, jumlah angkatan kerja pun bertambah. Pertambahan itu tampak pada data survei TPT Februari 2013 dan Agustus 2013 jika dibandingkan dengan backcasting BPS.

Guru Besar Universitas Brawijaya Ahmad Erani minta BPS menjelaskan lebih rinci soal itu. “Saya khawatir itu diubah untuk memenuhi target pemerintah.“

Angka TPT pada survei sebelumnya dengan metodologi lama sempat disoroti karena mencapai 6,25%.
Terpaut cukup jauh dari target 2013 yang 5,8%-6,1%. Namun, jika dengan metodologi baru, TPT Agustus 2013 jadi 6,1% alias sesuai target. Target TPT 2014 pemerintah berkisar 5,7%-5,9%.
Artinya, survei Februari ini masuk rentang tersebut.

Kepala BPS Suryamin membantah perubahan metode berkaitan dengan target pemerintah. Menurutnya, diskusi perubahan proyeksi sudah sejak lama. “Kalau tadinya kita bekerja BPS saja, sekarang kita undang para pakar, ahli demografi dari dalam dan luar negeri. Ini baru selesai akhir tahun kemarin, makanya kita gunakan ke sini.“

Secara terpisah, Menko Perekonomian Hatta Rajasa membantah ada intervensi pemerintah soal penghitungan TPT. “BPS itu independen walaupun lembaga pemerintah. Enggak bisa diintervensi.“

Dimintai komentarnya, Kepala Lembaga Demografi Universitas Indonesia (UI) Sonny Harry Budiotomo Harmadi mengaku tidak dikontak BPS mengenai perubahan metodologi. 

http://pmlseaepaper.pressmart.com/mediaindonesia/PUBLICATIONS/MI/MI/2014/05/06/ArticleHtmls/Penciptaan-Lapangan-Kerja-Ciut-06052014017009.shtml?Mode=1#

Advertisements

One Comment to “Penciptaan Lapangan Kerja Ciut”

  1. Reblogged this on sainsfilteknologi and commented:
    Lapangan Kerja

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: