Persaingan Makin Ketat, Laba Singapore Airlines Anjlok 71,4 Persen


Sudah saat ya Garuda Indonesia Jaya .

Kamis, 31 Juli 2014 | 09:16 WIB

SINGAPURA, KOMPAS.com – Maskapai penerbangan Singapore Airlines sepanjang periode Maret-Juni 2014 mencatatkan penurunan laba bersih sebesar 71,42 persen menjadi 34 juta dollar Singapura (28 juta dollar AS), dari periode yang sama tahun sebelumnya 121,8 juta dollar Singapura.

Manajemen mengungkapkan penurunan laba bersih disebabkan oleh ketatnya kompetisi, terutama oleh maskapai penerbangan murah serta ekspansifnya maskapai penerbangan Timur Tengah. Hal ini membuat pendapatan turun 4,1 persen menjadi3,68 miliar dollar Singapura.

Di sisi lain, penyebab merosotnya laba bersih perseroan adalah kerugian yang dicatatkan oleh entitas bisnis yang masih terafiliasi, yaitu Tiger Airways Holdings Ltd. Tragedi yang dialami oleh Malaysia Airlines juga ikut berkontribusi terhadap kinerja keuangan Singapore Airlines pada pediode tersebut, lantaran berkurangnya wisatawan yang berkunung ke Asia Tenggara.

“Bisnis sektor penerbangan semakin sulit dikontrol oleh Singapore Airines. Sementara, kunjungan wisatawan ke Asean juga turun karena dampak krisis politik di Thailand dan tragedi Malaysia Airlines,” ujar analis dari Credit Suisse Singapura, Timothy Ross, seperti dikutip dari Bloomberg, Kamis (31/7/2014).

Perseroan mencatat laba operasional turun 52 persen pada periode Maret-Juni akibat ketatnya kompetisi harga tiket. Hal itu membuat yield per penumpang turun menjadi 10,9 sen dollar Singapura per kilometer, dari tahun sebelumnya 11,1 sen dollar Singapura.

Adapun yield kargo justru tumbuh menjadi 33 sen dari tahun sebelumnya 32,7 sen per kilometer.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: