Dua Hari Jadi Menteri, Susi Sudah Buat Terobosan


Tuesday, 28 October 2014, 13:41 WIB

Komentar : 21
AP Photo
Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA–Baru beberapa hari menjabat sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan Kabinet Kerja, Susi Pudjiastuti langsung melakukan terobosan. Susi akan membuka data kepemilikan kapal yang ada di Indonesia.

Langkah ini sebagai upaya untuk membuat transparansi kepemilikan kapal di Indonesia. Susi sudah memerintahkan jajarannya untuk segera mendata seluruh kapal yang ada di Indonesia. Baik kapal yang dikeluarkan oleh PKP, asing, maupun kapal milik warga Indonesia buatan asing.

“Saya baru Jumat besok dapat data-data jumlah kapal yang ada di Indonesia,”kata Susi pada wartawan di Jakarta, Selasa (28/10).

Setelah data kepemilikan kapal didapatkan, maka Menteri Kelautan dan Perikanan akan membuka data tersebut untuk publik. Agar masyarakat juga mengetahui jumlah dan kepemilikan kapal yang ada di Indonesia. Ini menjadi persoalan yang harus segera diselesaikan. Sebab, dari data tersebut, akan lebih mengenali kapal pencuri kekayaan laut di Indonesia.

Susi menambahkan, saat ini pihaknya memang tengah memilah persoalan kelautan secara menyeluruh. Dengan memilah persoalan yang dihadapi oleh kelautan Indonesia, Susi mengungkapkan akan lebih mudah menyelesaikan persoalan. Mana yang bisa diselesaikan dengan cepat dan mana yang butuh waktu lama.

“Intinya kita mau perbaiki, bahwa 70 persen dari wilayah laut kita ini menjadi andalan yang luar biasa,” tambah Susi.

Susi mengaku sudah mulai bekerja di kantornya Kementerian Kelautan dan Perikanan. Menurutnya banyak yang harus dibenahi dan banyak pekerjaan menanti di sektor kelautan Indonesia.

++++

Percuma aja kalau pake Jilbab tapi korup dan kerjanya tidak bener sama dengan rajin sholat (jidat hitam) tapi doyan duit dan perempuan, Aa Gym !

Aa Gym: Semoga Bu Susi Berhenti Merokok dan Pakai Jilbab

Republika/Tahta Aidilla
Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti.
Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA  —  Sikap Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti yang merokok di depan umum menjadi pembicaraan masyarakat luas. Aa Gym pun ikut angkat bicara soal menteri asal Pangandaran tersebut.

“Guru-guru akan susah. Nanti kalau guru nanya ke muridnya, ‘Kenapa kalian merokok?’ ‘Kan Bu Menteri Merokok, Bu’,” kata Aa Gym, Senin (27/10).

Aa Gym mendesak Susi bisa memberikan contoh yang baik. “Mudah mudahan berhenti merokok, pakai jilbab juga. Kita mah doakan yang baik baik saja,” ucapnya saat memberikan tausiah di Masjid Bank Indonesia Jakarta.

Aa Gym secara khusus juga menyatakan bahwa pemimpin adalah panutan bagi rakyatnya. Sebelumnya, Susi sempat banyak dibahas di dunia maya terkait aksi nyentriknya.

Bahkan, dia tidak segan langsung merokok di kompleks Istana Kepresidenan, ketika baru saja usai pengenalan nama 34 menteri oleh Jokowi. “Setop dong, biar aku bisa selesaikan rokok ini sampai habis,” ujar presiden direktur PT ASI Pudjiastuti Marine Product tersebut kepada wartawan, Ahad (26/10).

 

+++++++++++++++

 

Begini Cara Susi Berantas Illegal Fishing

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti (tengah) memberi selamat kepada Harry Azhar dan Sapto Amal usai di lantik sebagai Ketua dan Wakil Ketua Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) di gedung Sekretariat Mahkamah Agung, 28 Oktober 2014. TEMPO/Aditia Noviansyah

TEMPO.CO, Jakarta – Menteri Kelautan dan Perikanan RI Susi Pudjiastuti mengatakan akan mendata semua kapal-kapal komersil yang masuk ke dalam perairan Indonesia. Pendataan ini dilakukan untuk mencegah penangkapan ikan ilegal. (Baca: Serah Terima Jabatan Susi Ramai Dihadiri Bule)

“Saya akan memulai dengan pendataan online. Kapal yang masuk ke Indonesia dapat terpantau, sama seperti data pesawat terbang,” ujar Susi seusai serah terima jabatan di kantornya, Rabu, 29 Oktober 2014. (Baca: Menteri Susi dan Tato)

Pendataan tersebut, menurut Susi, akan dilakukan untuk semua kapal di perairan Indonesia. “Baik yang dikeluarkan DKP, yang asing, atau yang punya orang lokal tapi asing, semua kapal. Kalau ada kapal yang hanya tangkap ikan tanpa izin akan dibabat,” ujar Susi. (Baca: Susi Berkeras, Pilot Memelas)

Susi mengatakan dirinya akan menerapkan transparansi, yakni dengan membuka data kapal yang beroperasi di perairan Indonesia kepada publik. “Data itu saya minta ke Direktorat Jenderal Perikanan Tangkap untuk dibuka. Jadi, semua media tahu berapa banyak dan punya siapa kapal-kapal itu,” kata Susi. (Baca: Susi Doyan Baca Novel Supaya Fasih Bahasa Inggris)

Menurut Susi, Indonesia mesti menjadi tuan rumah di negeri sendiri dan mandiri secara ekonomi. Pasalnya, potensi Indonesia sangat besar mengingat 70 persen wilayah Indonesia berupa laut. Bahkan, kata Susi, luas wilayah Indonesia lima kali lebih besar daripada Thailand. “Tapi kenapa angka ekspor kita lebih rendah dari Thailand dan Malaysia?” ujar dia. (Baca juga: Cara Menteri Susi Relaksasi)

AMOS SIMANUNGKALIT

Advertisements
Tags: ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: