Mau Dapat Diskon 15% Beli Minyak Angola, Ini Syarat untuk Pertamina


Rista Rama Dhany – detikfinance
Jumat, 12/12/2014 20:01 WIB
//images.detik.com/content/2014/12/12/1034/200351_pertaminakoper.jpg
Jakarta -PT Pertamina (Persero) dan Sonangol EP, BUMN energi dari Angola sudah menandatangi Nota Kesepahaman salah satunya soal pembelian minyak dengan harga diskon hingga 15%. Namun untuk mendapatkan diskon, Pertamina harus memenuhi syarat.

“Itu perlu dipahami lah, yang ditandatangani MoU kemarin dengan Sonangol EP menyangkut tiga hal, pertama bicara upstream (hulu), kedua kilang minyak, dan ketiga terkait trading (jual-beli minyak),” kata Direktur Ritel dan Pemasaran PT Pertamina Ahmad Bambang ditemui di Kantor BPH Migas, Jumat (12/12/2014).

Bambang mengatakan, dengan kerjasama salah satunya dibidang trading tersebut, Pertamina dapat membeli minyak mentah dari Angola dengan diskon hingga 15%, namun syaratnya keduanya harus membentuk satu perusahaan trading seperti Petral dan kepemilikan sahamnya 50% Pertamina 50% Sonangol.

“Harus ada perusahaan trading bersama seperti kita bentuk Petral. Dengan kerangka perusahaan tersebut baru kerjasama atau pembelian minyaknya berdasarkan kesepakatan government to government (g to g), kalau belum terbentuk ya pembeliannya secara bisnis, sama seperti Exxon, BP beli minyak. Dengan perusahaan trading tersebut kita baru bisa beli minyak dengan dapat diskon 15%,” ungkap Ahmad.

Saat ini kata Bambang, proses pembentukan perusahaan trading bersama tersebut masih dalam proses perizinan. “Masih proses, karena ini PMA (Penanaman Modal Asing) jadi masalahnya diperizinan dan sebagainya,” katanya.

Bambang menjelaskan, masih banyak salah persepsi di masyarakat terkait diskon 15% dalam pembelian minyak dari Angola tersebut.

“Diskonnya itu banyak media salah hitungnya. 15% ketika harga US$ 100 per barel itu artinya diskonnya US$ 15, kalau sekarang harganya US$ 70 per barel ya tentunya tidak sampai US$ 15 dolar diskonnya, kan gitunya, ngikuti harga minyak saja,” tutupnya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: