“Jam Malam” bagi Perempuan di Aceh


Kenapa bukan untuk laki laki Aceh ? Mereka sehari hari hanya di warung kopi.. kagak kerja, sedangkan perempuan Aceh yang bekerja mencari nafkah..

Konyol ini.. lebih baik Aceh merdeka saja, daripada ada provinsi menerapkan aturan Taliban primitif

BANDA ACEH, KOMPAS — Pemerintah Kota Banda Aceh melalui Instruksi Wali Kota Banda Aceh Illiza Sa’aduddin Djamal menerapkan “jam malam” bagi perempuan di kota itu mulai 4 Juni 2015. Kebijakan ini diambil sebagai upaya mengantisipasi atau meminimalkan pelecehan seksual terhadap perempuan, yang di Banda Aceh ataupun di Provinsi Aceh tergolong tinggi.

Instruksi itu menyatakan, aktivitas perempuan pekerja pada tempat wisata/rekreasi/hiburan, penyedia layanan internet, kafe/sejenisnya, dan sarana olahraga dibatasi hingga pukul 23.00 WIB. Aktivitas anak di bawah umur dan perempuan umumnya pada tempat itu dibatasi hingga pukul 22.00, kecuali bersama keluarga dan/atau suami.

Illiza dalam diskusi dan sosialisasi instruksi itu di Banda Aceh, Jumat (5/6) petang, mengatakan, instruksi itu lahir berdasarkan Surat Instruksi Gubernur Aceh tentang penertiban kafe dan layanan internet se-Aceh yang membatasi aktivitas perempuan pekerja pada kafe/sejenisnya dan penyedia layanan internet hingga pukul 21.00, serta perempuan pelanggan di tempat itu hingga pukul 21.00, kecuali bersama keluarga dan/atau suami. Instruksi gubernur itu berlaku sejak 28 Februari 2014.

Pemerintah Kota Banda Aceh melakukan penyesuaian terhadap instruksi gubernur karena intensitas aktivitas masyarakat di Banda Aceh lebih tinggi dibandingkan di wilayah Aceh lainnya. “Pelanggaran terhadap instruksi itu akan mendapatkan sanksi moral, yakni teguran hingga penutupan tempat usaha,” ujarnya.

Illiza mengatakan, instruksi itu harus ditegakkan karena angka pelecehan seksual di Banda Aceh ataupun Aceh tinggi. Berdasarkan hasil investigasi The Foundation Kita dan Buah Hati pada 2015, Aceh menduduki peringkat pertama pelecehan seksual terhadap perempuan di Indonesia pada 2014. Banda Aceh adalah daerah dengan angka pelecehan seksual tertinggi di Aceh.

Menurut Catatan Tahunan Kekerasan terhadap Perempuan di Aceh 2013-2014 oleh Balai Syura Ureung Inong Aceh (BSUIA) bekerja sama dengan Jaringan Pemantau Aceh (JPA) 231 dan Pusat Studi Wanita Universitas Islam Negeri (PSW UIN) Ar-Raniry Banda Aceh pada 2015, angka kekerasan seksual terhadap perempuan berupa pemerkosaan terus meningkat di Aceh. Pada 2013, terjadi 42 kasus dengan rentang usia korban 6-18 tahun dan 52 kasus dengan rentang usia korban 26-40 tahun 2014.

Berdasarkan data Badan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (BP3A) Aceh pada 2014, angka pelecehan seksual terhadap anak terus meningkat di Aceh, yakni 278 kasus pada 2009, 311 kasus tahun 2010, dan 468 kasus pada 2011-2012. “Instruksi ini untuk melindungi perempuan dan anak-anak di Aceh,” kata Illiza.

Merugikan perempuan

Ketua Pusat Studi Jender Universitas Syiah Kuala Banda Aceh Teuku Saiful menuturkan, instruksi itu mengekang ruang gerak perempuan. Padahal, banyak perempuan yang menjadi tulang punggung keluarga atau menjadi orangtua tunggal. “Saya mengkhawatirkan instruksi ini menjadi euforia yang disalahartikan sehingga merugikan perempuan yang keluar malam. Padahal, mereka bukan untuk ke tempat hiburan, internet, kafe, atau sarana olahraga,” kata Saiful.

Saiful berharap pemerintah tak membatasi ruang gerak perempuan. Jika ingin melindungi, sebaiknya pemerintah menyediakan perlindungan, seperti menyediakan kendaraan antar-jemput bagi perempuan pekerja dan mempertegas hukum bagi pelaku kekerasan seksual terhadap perempuan.

Perempuan pekerja di Banda Aceh, Risa Rahanum (25), Sabtu, meminta pemerintah bijak dalam membuat aturan. Tak jarang perempuan yang tinggal sendirian, seperti indekos, terpaksa keluar malam untuk berbagai keperluan.(DRI)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: