Agen Elpiji Ini Kurangi Isi Tabung Gas 3 Kilogram


RABU, 17 JUNI 2015 | 02:30 WIB

Agen Elpiji Ini Kurangi Isi Tabung Gas 3 Kilogram

Pertamina memberikan label baru elpiji bersubsidi di kemasan gas 3Kg. TEMPO/Robby Irfani

TEMPO.CO, Tangerang – Direktorat Kriminal Khusus Polda Metro Jaya membongkar kasus penyelewengan gas Elpiji bersubsidi. Penyelewengan itu dilakukan oleh salah satu agen Elpiji resmi diakui oleh Pertamina. “Tabung gas 3 kilogram dikurangi isinya oleh agen ini,” kata Direktur Kriminal Khusus Komisaris Besar Mujiono di Tigaraksa, Tangerang, Banten, Selasa, 16 Juni 2015.

Agen resmi itu diketahui bernama PT Putra Panca Gasindo. Perusahaan swasta itu memiliki Stasiun Pengisian Bahan Bakar Elpiji di Kawasan Industri Millenia di Tigaraksa, Tangerang, Banten. Kini, SPBE itu disegel polisi dan berhenti beroperasi.

Mujiono mengatakan, SPBE itu mengurangi pasokan gas yang dimasukan ke tabung gas ukuran 3 kg. Mereka mengurangi gas di dalam tabung tersebut hingga 250 gram. Hal itu membuat gas yang didistribusi dan dikonsumsi masyarakat cuma seberat 2,75 kg.

“Itu jelas kejahatan apalagi ini gas bersubsidi sehingga merugikan negara juga,” kata dia. SPBE itu pun diketahui merupaka distributor gas elpiji untuk kawasan Kabupaten Tangerang. Mereka tercatat menyuplai tabung gas Elpiji itu kepada tujuh agen lainnya.

Polisi menetapkan dua orang sebagai tersangka dalam kasus tersebut. Mereka adalah Jefri Sudarto dan Deby Sanjaya. Jefri menjabat sebagai Manajer Operasional SPBE sedangkan Deby adalah petugas Quality Control (Pengawas Kualitas). Sedangkan Ijoh Du Long sebagai Direktur Utama sampai saat ini masih belum diketahui keberadaannya.

Selain itu, sebanyak 2.252 tabung gas juga disita polisi sebagai barang bukti. Sebanyak 24 alat pengisian tabung gas itu juga sudah dilingkari garis polisi dan tidak bisa dioperasikan. Polisi pun menghentikan aktivitas SPBE itu sejak 8 Juni 2015 lalu.

DIMAS SIREGAR

One Comment to “Agen Elpiji Ini Kurangi Isi Tabung Gas 3 Kilogram”

  1. pak/bu eropa sedang mengembangkan biopropane atau bio-LPG , yg berbasis jagung dan tebu , boleh googling dg keyword ‘biopropane wikipedia’ , yg disebutka mulai produksi massal 2016 , bagaimna indonesia ? , mau mengikuti atau terus jadi pembeli ?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: