PLTP Kamojang Unit 5 Rp 1,35 T Beroperasi, Ada Tambahan Listrik 35 MW


Rista Rama Dhany – detikfinance
Sabtu, 04/07/2015 10:43 WIB
PLTP Kamojang Unit 5 Rp 1,35 T Beroperasi, Ada Tambahan Listrik 35 MWilustrasi
Jakarta -Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) atau geothermal Kamojang Unit 5 siap diresmikan dan memperkuat pasokan listrik nasional. Lokasi PLTP ini berada di Garut, Jawa Barat.

PLTP Kamojang Unit 5 dibangun oleh PT Pertamina Geothermal Energy (PGE), anak perusahaan Pertamina yang membidangi usaha panas bumi, sejak September 2013 dengan menggandeng konsorsium PT Rekayasa Industri dan Sumitomo sebagai pelaksana Engineering Procurement and Construction (EPC). PLTP Kamojang Unit 5 dirancang berkapasitas 35 MW dengan nilai investasi sekitar US$ 104 juta atau sekitar Rp 1,35 triliun.

PLTP Kamojang Unit 5 telah beroperasi secara komersial dengan mengalirkan listrik kepada PT PLN (Persero) pada 29 Juni 2015 pukul 00.00 WIB. Hal ini menjadi prestasi bagi Pertamina dan PGE karena sukses melakukan COD lebih cepat dua bulan dari kontrak.

VP Corporate Communication Pertamina Wianda Pusponegoro mengatakan proyek ini menjadi salah satu milestone penting bagi Pertamina untuk masuk ke era bisnis total project panas bumi, di mana Pertamina menggarap panas bumi dari uap hingga menjadi listrik untuk selanjutnya dialirkan kepada PT PLN (Persero).

“Dengan demikian diharapkan pengembangan panas bumi ke depan akan bisa berjalan dengan lebih cepat lagi,” kata Wianda dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (4/7/2015)

(rrd/hen)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: