Gubernur NTT Minta Produksi Pabrik Semen Kupang Ditambah


Mulya Nurbilkis – detikfinance
Minggu, 12/07/2015 19:10 WIB
Gubernur NTT Minta Produksi Pabrik Semen Kupang Ditambah
Kupang -Salah satu penyokong perekonomian di Nusa Tenggara Timur (NTT) adalah pabrik Semen Kupang. Jika kapasitas produksi ditambah maka bisa mendorong ekonomi setempat.

Merasa produksinya perlu ditambah, Gubernur NTT Frans Leburaya meminta Badan Usaha Milik Negara (BUMN) semen itu pusat membangun pabrik ketiganya.

“Semen Kupang yang menjadi kebanggaan kami. Semen Kupang saat ini 400 ribu ton/tahun. Kami meminta untuk pembangunan pabrik ke 3 sehingga produksi menjadi 2 juta ton/tahun,” kata Gubernur NTT Frans Leburaya di acara penutupan Peringatan Hari Koperasi Nasional di Kupang, NTT, Minggu (12/7/2015).

Ia mengatakan selama ini Semen Kupang diproduksi untuk kebutuhan domestik tapi juga dikirim ke kota-kota Indonesia bagian timur, Timor-Timur dan Australia. Dengan peningkatan produksi kelak, diharapkan akan semakin meningkatkan pendapatan daerah.

Mendengar permintaan tersebut, Jusuf Kalla (JK) yang duduk berdampingan dengan Ketua DPR Setya Novanto pun tersenyum.

Menanggapi hal itu, JK menjanjikan memudahkan pemberian kredit tambahan untuk memfasilitasi investasi pembangunan pabrik. Tetapi, pemerintah akan mempertimbangkan kemampuan internal perusahaan sebelum memberi pinjaman.

“Kalau kemampuan internalnya belum, pemerintah akan memberi kredit tambahan. Tapi kita lihat dulu bagaimana kemampuan pasarnya,” terangnya.

Dalam kesempatan itu sebenarnya JK lebih menyoroti cara-cara untuk mengembangkan usaha mikro di daerah, salah satunya adalah koperasi. Menurutnya, ekonomi yang melemah tahun ini harus menjadi kesempatan meningkatkan penjualan produksi dalam negeri.

“Hari ini ekonomi melemah akibat melemahnya ekonomi dunia. Karena itu permintaan menurun sehingga daya beli menurun. Mudah-mudahan tahun ini berhenti. Meskipun kita memproduksi daging tapi kita tetap impor daging,” pungkasnya.

(bil/ang)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: