BUMN Sambut Baik Amanat Presiden


Terobosan apaan ??? Kalau hanya minta hutangan dari China sih namanya bukan terobosan.. tapi buat cilaka

JAKARTA, KOMPAS — Sejumlah badan usaha milik negara menyambut baik pernyataan Presiden Joko Widodo agar tidak memidanakan pelaku usaha atau BUMN yang melakukan terobosan guna kepentingan perusahaan. Pasalnya, selama ini ada kekhawatiran dari pelaku usaha untuk melakukan terobosan karena terancam akan dipidanakan penegak hukum.

Proyek pengembangan  Terminal 3 Ultimate di Bandara Internasional Soekarno-Hatta yang dikelola PT Angkasa Pura II di Cengkareng, Banten, Selasa (23/6). Sejumlah badan usaha milik negara menyambut baik pernyataan Presiden Joko Widodo agar tidak memidanakan pelaku usaha atau BUMN yang melakukan terobosan guna kepentingan perusahaan.
KOMPAS/AGUS SUSANTOProyek pengembangan Terminal 3 Ultimate di Bandara Internasional Soekarno-Hatta yang dikelola PT Angkasa Pura II di Cengkareng, Banten, Selasa (23/6). Sejumlah badan usaha milik negara menyambut baik pernyataan Presiden Joko Widodo agar tidak memidanakan pelaku usaha atau BUMN yang melakukan terobosan guna kepentingan perusahaan.

“Kami menyambut baik imbauan itu. Selama ini memang ada ketakutan di internal perusahaan untuk melakukan sesuatu yang di luar kebiasaan. Padahal, sesuatu itu dibutuhkan untuk pengembangan proyek pembangunan perusahaan,” demikian dikatakan Direktur Utama PT Angkasa Pura II (Persero) Budi Karya Sumadi, di Jakarta, Kamis (23/7).

Menurut Budi, imbauan ini sangat melegakan dan membuat dirinya serta anak buah merasa tenang dan percaya diri dalam melaksanakan proyek-proyek pemerintah.

Pendampingan

Sementara itu Direktur Utama Perum Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (LPPNPI) atau Airnav Indonesia Bambang Tjahjono mengatakan, pihaknya tidak merasa khawatir selama mengikuti peraturan dan ketentuan yang berlaku. “Kalau memang ada keraguan, kami bisa meminta pendapat hukum dari jaksa muda perdata dan tata usaha negara (jamdatun) selaku pengacara negara. Kami juga minta pendampingan dari BPKP,” tutur Bambang.

Menurut Bambang, proyek-proyek yang dimintakan pendapat dan pendampingan hanyalah apabila ada keraguan. Jika tidak ada keraguan dan aturannya sudah jelas, Bambang mengatakan jalan terus.

Senada dengan Bambang, AP II juga selalu meminta pendampingan dari BPKP saat proses tender dan kepada Jamdatun atau Kejaksaan Tinggi di beberapa hal. “Jadi, kami selalu meminta persetujuan kepada banyak pihak untuk melaksanakan proyek pemerintah. Memang hal ini akhirnya membuat lambat proses pembangunan,” kata Budi.

Namun, kelambatan ini hanyalah memakan waktu satu-dua bulan. Dari opini yang diberikan jamdatun dan BPKP, AP II akan melihat mana saja pekerjaan yang salah dan mana yang benar. Yang salah diperbaiki dan yang benar dilanjutkan. “Proses itu membuat proyek selesai lebih lama. Akan tetapi, lebih lama satu-dua bulan jauh lebih baik daripada urusannya menjadi panjang dan memakan waktu lebih lama,” ungkap Budi.

SMS ancaman

Yang patut dicermati, kata Budi, adalah opini-opini yang disebarkan lembaga swadaya masyarakat yang tidak bertanggung jawab yang menyatakan dirinya sebagai LSM anti korupsi atau LSM pemerhati BUMN. LSM ini sering kali menggunakan media daring (online) dan menyebarkan berita-berita yang tidak benar. “Saya berharap penegak hukum tidak terpancing dengan berita-berita yang tidak benar seperti ini. Apa yang mereka lakukan seperti ini yang justru membuat proyek pembangunan lebih lama selesainya,” ujar Budi menegaskan.

Budi mengaku, hampir setiap hari dirinya mendapatkan pesan singkat atau e-mail yang berisi ancaman dari LSM yang tidak bertanggung jawab seperti ini. “Selama kami merasa benar, kami tetap jalan terus. Itulah makanya kami minta pendampingan dari jamdatun dan Kejaksaan Tinggi,” ujarnya.

  • 0
  • 0
  • 0

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: