Instruksi Jokowi: Segera Ambil Alih Ruang Udara RI yang Dikuasai Singapura


Coba sebelum ambil alih beresin dulu lapangan terbang kita.. Coba Sukarno Hatta aja masih kalah jauuuh sama Changi. mulai dari pesawat Boeing 777 milik Garuda saja tidak bisa terbang jika full load (penumpang dan bahan bakar) gimana nih.. Itu saja dulu beresin pak.. Belum lagi soal kebersihan yan juga kalaah jauuuuuuuuuuh..
Selasa 08 Sep 2015, 16:12 WIB

Mega Putra Ratya – detikNews
Instruksi Jokowi: Segera Ambil Alih Ruang Udara RI yang Dikuasai SingapuraFoto: Agung Pambudhy
Jakarta – Presiden Jokowi menginstruksikan agar Flight Information Region (FIR) yang selama ini dikuasai oleh Singapura segera diambil alih. Dia meminta kementerian terkait mempersiapkan peralatan dan personel untuk mengelola ruang udara yang dimaksud.

“Arahan Presiden, bahwa kita dalam 3-4 tahun ini mempersiapkan peralatan-peralatan dan personel yang lebih baik. Sehingga ruang udara kita dapat dikelola sendiri oleh Indonesia,” ujar Menhub Ignasius Jonan dalam jumpa pers di Kantor Presiden, Jl Veteran, Jakarta, Selasa (8/9/2015).

Jonan menjelaskan selama ini FIR yang mencakup Kepulauan Riau, Tanjungpinang, dan Natuna berada dalam kendali Singapura. Selain itu ada juga di perbatasan Indonesia-Malaysia seperti, Sarawak dan Semenanjung Malaka.

“Kita juga akan berbicara dengan Malaysia-Singapura. Kalau sudah siap akan ada pengalihan, mudah-mudahan bisa berjalan dengan baik,” jelasnya.

Jonan menuturkan, selama ini Indonesia juga mengelola FIR negara lain. Di antaranya Christmas Island, Timor Leste dan Auckland.

“Karena FIR ini pakai penerbangan sipil itu masalah keselamatan paling utama. Juga mengelola FIR negara lain,” kata Jonan.
(ega/hri)

One Trackback to “Instruksi Jokowi: Segera Ambil Alih Ruang Udara RI yang Dikuasai Singapura”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: