Pantai Selatan Tak Cocok untuk PLTB


Jangan jangan hanya akal akalan orang PLN .. PLN memang malas malasan untuk mengganti energi fosil /batubara /diesel dengan energi terbarukan !
22 SEPTEMBER 2015

YOGYAKARTA – Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Bantul Tri Saktiyana mengatakan kawasan pantai selatan tidak cocok sebagai lokasi pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB). Alasannya, ombak pantai selatan memiliki karakteristik tinggi dengan kecepatan angin yang tinggi.

“Sulit kalau di perairan pantainya. Meskipun dalam kondisi normal, paling tidak bisa dibangun kincir angin 200 meter dari tepi pantai,” kata Tri, kemarin.

Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Yogyakarta Tony Agus Wijaya menjelaskan, kawasan pantai selatan Jawa mempunyai karakteristik berbeda dengan pantai utara Jawa. Kecepatan angin di selatan lebih tinggi dibanding utara.

Pada kondisi normal, angin berkecepatan 5-20 kilometer per jam. Namun saat kondisi tertentu, seperti pancaroba, bisa mencapai 30-40 kilometer per jam. “Jadi selatan Jawa memang potensial untuk pembangkit tenaga angin,” kata Tony.

Lantaran kecepatan angin lebih tinggi, ketinggian ombak di selatan juga tinggi, yaitu 1-2 meter saat normal dan lebih dari 2 meter saat pancaroba, cuaca ekstrem, ataupun pengujung musim hujan. “Ini karena pantai selatan Jawa terhubung langsung dengan Samudra Hindia,” ujar Tony.

Meski demikian, di sejumlah pantai selatan di Bantul telah dibangun kincir angin untuk menghasilkan tenaga angin. Pantai-pantai tersebut, antara lain, adalah Pandansimo, Kwaru, dan Samas. Menurut Tri, sifat proyek tersebut adalah uji coba untuk pembangunan PLTB di kawasan selatan itu. PITO AGUSTIN RUDIANA

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: