Defisit Pilot, RI akan Tambah 51 Pesawat Latih Baru


Feby Dwi Sutianto – detikfinance
Senin, 12/10/2015 18:06 WIB
Defisit Pilot, RI akan Tambah 51 Pesawat Latih Baru
Jakarta -Maskapai penerbangan di Indonesia setiap tahun membutuhkan 770 penerbang baru. Namun sekolah penerbang di Indonesia, milik pemerintah dan swasta, belum mampu mencetak pilot baru sesuai kebutuhan pasar.

Akibatnya, pilot-pilot yang bekerja di Indonesia banyak yang didatangkan dari luar negeri. Untuk mendukung pemenuhan kebutuhan penerbang baru, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan membeli 51 pesawat latih baru.

Pengadaan dilakukan mulai tahun 2015-2017 dengan skema multi years. Pesawat baru itu akan menambah jumlah pesawat pada sekolah penerbang milik Kemenhub.

“Kita dapat 51 pesawat baru yang terdiri dari 1 heli multi engine, 5 pesawat multi engine, dan 45 pesawat single engine,” kata Kepala Badan Pengembangan SDM Kemenhub, Wahju Satrio Utomo saat diskusi di Hotel Millenium, Jakarta Pusat, Senin (12/10/2015).

Kemenhub langsung membeli dari pabrikan, misalnya pesawat single engine dibeli seharga Rp 14 miliar per unit, multi engine Rp 22 miliar per unit. Proses pengadaan saat ini sedang dievaluasi di tingkat Inspektorat Jenderal (Irjen) Kemenhub.

Wahju menyebut pesawat tersebut akan ditempatkan pada sekolah penerbangan di Curug, Banyuwangi, Berau hingga Merauke.

“200 penerbang dihasilkan di Curug dengan 40 pesawat. Sebagian di Banyuwangi 100 penerbang per tahun dengan 20 pesawat, Berau Kalimantan 45 penerbang dengan 9 pesawat, 1 lagi di Merauke ada 45 penerbang lulus dengan 9 pesawat. Rinciannya 1 pesawat latih hasilkan 5 penerbang,” ujarnya.

Untuk mencetak 1 seorang penerbang dengan Commercial Pilot License (CPL), Wahju menyebut diperlukan waktu sekitar 22 bulan. Namun, Kemenhub akan memperpendek waktu pendidikan. Caranya dengan menambah jumlah ruang udara untuk berlatih.

“Kita selama ini terkendala training area terbatas maka kita tambah area penerbangan di Palembang, Lampung, Cilacap, Semarang,” ujarnya.

(feb/hen)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: