Apple Ingin Bangun Pusat Penelitian di Indonesia


semoga terwujud

EKONOMI_DAN_BISNIS
SABTU, 17 OKTOBER 2015

JAKARTA – Produsen peralatan telekomunikasi, Apple Inc, melirik Indonesia sebagai tempat berinvestasi. Hal itu terlihat dari rencana perusahaan membangun pusat penelitian dan pengembangan (research and development atau R&D) di Indonesia.

Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara menyatakan usul Apple membangun pusat penelitian itu disampaikan setelah perusahaan sukses mengembangkan hal yang sama di Brasil. “Mereka mengusulkan modelnya seperti di Brasil. Mereka mau adopt ke Indonesia,” tutur dia kemarin. Ia menyatakan pembicaraan soal rencana investasi Apple dengan pemerintah tersebut belum terlalu rinci.

Pemerintah Joko Widodo memang sedang menarik investor dengan berbagai kemudahan dan layanan perizinan lewat penerbitan paket kebijakan ekonomi. Jokowi juga menginstruksikan para menteri agar saling berkoordinasi untuk mempermudah rencana investor menanamkan modalnya di Indonesia.

Ihwal rencana investasi Apple, Rudiantara mengatakan pihaknya akan membahas aturan tingkat kandungan dalam negeri (TKDN) yang diwajibkan sebesar 30 persen. Kementerian Perindustrian, kata dia, sedang menyiapkan beleid TKDN 30 persen tersebut dengan sangat rinci.

Menteri Perindustrian Saleh Husin sebelumnya mengatakan perusahaan besutan Steve Job itu berniat mengikuti langkah PT Samsung Electronics Indonesia untuk membangun pabrik telepon seluler di Tanah Air. “Pembangunan pabrik Samsung bisa menjadi contoh yang sangat baik untuk produsen ponsel lainnya. Kami harapkan Apple dan merek lainnya juga bisa membangun pabrik di sini,” tutur dia, pertengahan Juni lalu.

Upaya itu, kata Saleh, berkaitan dengan industri elektronika, termasuk telepon seluler, yang menjadi salah satu industri prioritas atau kelompok industri dengan pertumbuhan tinggi. Telepon seluler yang memiliki pabrik di Indonesia pada 2017 harus memenuhi standar TKDN minimal 30 persen. “Saya sampaikan agar Indonesia dijadikan basis produksi, tidak hanya sebagai market.”ALI HIDAYAT | ANTARA

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: