Pesawat Perintis N219 akan Dijual Tahun 2017


28 OKTOBER 2015

28 Oktober 2015

Cutaway pesawat N219 (image : PTDI)

JAKARTA. PT Dirgantara Indonesia tengah merampungkan pembuatan pesawat perintis bertipe N219. Pesawat berkapasitas 19 penumpang ini akan mulai dipamerkan November 2015 mendatang.

Kepala Divisi Perencanaan Dirgantara Indonesia , Sonny Saleh Ibrahim mengungkapkan, pesawat dengan misi penerbangan antar pulau ini telah dipesan oleh tiga maskapai penerbangan.

“ Sudah mulai dipesan oleh tiga maskapai, 2017 akan mulai dijual,” ujar Sonny kepada KONTAN, Jumat( 23/10). Tiga maskapai tersebut yakni PT Aviastar Mandiri, PT Trigana Air, dan PT Nusantara Buana Air.

Meski enggan merinci satu persatu, jumlah unit N219 yang dipesan oleh ketiga perusahaan tersebut, Sonny bilang, secara total ada 30 pesawat N219 yang telah dipesan dengan total opsi pembelian mencapai 30 unit.

Pihaknya secara bertahap akan mulai mendistribusikan N219 ke ketiga maskapai tersebut pada 2017 mendatang. Untuk harga perunit, N219 dibandrol sebesar US$ 4 juta- US$ 5 juta.

Selain itu, untuk pembuatan bahan pembuatan pesawat, Sonny bilang diawal pembuatannya N219 telah menyerap sekitar 40%-50% kandungan lokal dalam negri. Pihaknya berencana akan meningkatkan kandungan lokal hingga 70%-75%.

Namun sebelum produksi massal yang direncanakan pada 2017 mendatang, Sonny bilang pihaknya harus mengurus izin sertifikasi nasional yang diperkirakan mencapai satu tahun.

JIka sudah diproduksi secara massal, Dirgantara menargetkan penjualan N219 tidak hanya memenuhi kebutuhan pesawat perintis dalam negri, namun pihaknya juga akan menjual pesawat tersebut hingga ke negara negara Asia Tenggara lainnya.

Terkait target penjualan Sonny enggan memberitahu target penjualan N219. Namun pihaknya akan fokus memenuhi kebutuhan pesawat perintis di Asia yang diperkirakan mencapai 800 unit hingga 20 tahun kedepan.

“ Makanya kami akan terus tingkatkan produksinya dari empat unit ditahun pertama, delapan unit tahun kedua dan 12 unit pada tahun selanjutanya,” ujar Sonny.

(Kontan)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: