Tahun Depan, Bali Punya PLTS Terapung Pertama


yang sudah didirikan di Bangli Bali gimana kabarnya ? Konon mangkrak ..

Khas cara kerja birokrat kerjanya hanya mengejar agar uang anggaran habis ludes.. tidak pernah berpikir soal keberlanjutan pembangunan, perawatan infra dll

Oleh : Ranto rajagukguk | Rabu, 4 November 2015 | 15:48 WIB
Tahun Depan, Bali Punya PLTS Terapung Pertama

Direktur Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE), Kementerian ESDM, Rida Mulyana – (Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta – Pemerintah berencana mengembangkan pembangkit listrik tenaga surya mengapung (floating solar panel) di Bali pada 2016.

“Pilot project floating solar panel di Bali dimulai tahun depan. Kalau tahun ini dilakukan FSRID, soal kapasitasnya masih dilakukan survei, ” kata Direktur Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE), Kementerian ESDM, Rida Mulyana di Jakarta, Rabu (4/11/2015).

Sekedar informasi, pembangkit listrik tenaga matahari (surya) dibangun mengapung di Situ Mutiara, letaknya 13 kilometer dari Bandara Ngurah Rai, Denpasar, Bali.

“Pembangunan pembangkit tenaga surya mengapung ini bersamaan dengan pembangkit tenaga surya di atas bangunan (roof top) Bandara Internasional Ngurah Rai, Denpasar, Bali. “Untuk yang di atap bandara kapasitasnya 4 megawatt (MW),” kata Rida. nya.

Dalam pelaksanaan pembangunan floating solar panel itu, Rida menjelaskan, bisa saja dilakukan penunjukan langsung kepada perusahaan badan usaha milik negara (BUMN). “Pasti diperlukan regulasi yang memungkinkan untuk pelaksanaan pengadaan infrastrutkur energi dimungkinkan untuk menunjuk BUMN, saat ini sedang disusun,” kata Rida.

Sejauh ini, kata Rida, pemerintah daerah setempat sangat mendukung rencana pusat untuk menjadikan Bali sebagai pusat pengembangan energi bersih khususnya energi baru terbarukan. “Pak Gubernur (Bali) bilang, selama energi baru terbarukan yang dikembangkan, mereka dukung,” kata Rida.

Kata Rida, ke depannya Bali memang akan menjadi percontohan energi bersih yang memadukan pemanfaatan energi baru terbarukan dan gas. “Kalau dikantor Pemerintahannya bisa pakai PLTS, kendaraan baik motor maupun mobil dilingkungan kantornya pakai listrik,” tutur Rida. [ipe]

#bali #Indonesia #beach #kuta #plts #listrik #Tes

– See more at: http://ekonomi.inilah.com/read/detail/2250030/tahun-depan-bali-punya-plts-terapung-pertama#sthash.XQrJhcRz.dpuf

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: