PAN dan Golkar Berharap Jokowi Rombak Kabinet


Golkar bergabung ??
Koran Tempo SABTU, 07 NOVEMBER 2015

 PAN dan Golkar Berharap Jokowi Rombak Kabinet

JAKARTA – Sejumlah politikus Partai Amanat Nasional dan Partai Golkar berharap Presiden Joko Widodo dan Jusuf Kalla merombak kabinet. Harapan Partai Golkar disampaikan kepada politikus seniornya yang kini menjabat wakil presiden, Kalla, saat silaturahmi partai tersebut pekan lalu. Adapun keinginan ada perombakan disampaikan Ketua Dewan Pimpinan Pusat PAN Azis Subekti.

“Tentu (perombakan) itu diperhatikan. Tapi pada waktunya nanti, kalau ada pergantian dan sesuai, cocok, tentu dipertimbangkan,” kata Jusuf Kalla, politikus senior Partai Golkar, seusai silaturahmi pimpinan Partai Golkar pada pekan lalu. Bahkan Azis mengaku PAN sudah menyiapkan lima calon. “Presiden tentu akan mempertimbangkan alokasi pos kementerian untuk kelima nama itu.”

Kalaupun ada perombakan, Kalla mengatakan Partai Amanat Nasional tak dijamin mendapat jatah kursi menteri. “Saya kira tidak ada hubungannya,(PAN bergabung) bukan karena itu (jatah menteri),” kata Kalla di kantornya. Kalla menegaskan, perombakan tak dibicarakan dalam waktu dekat ini.

PAN dan Partai Golkar saat ini menyatakan berada di dalam pemerintah. Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan terang-benderang menyatakan dukungan kepada pemerintah. Adapun Partai Golkar menyatakan diri menjadi mitra kritis. Partai itu kini tengah dilanda perpecahan internal. Kedua partai ini semula masuk dalam koalisi di luar pemerintahan.

Masuknya kedua partai ini memunculkan kembali isu perombakan. Dalam beberapa waktu terakhir, sejumlah partai koalisi pendukung pemerintah mulai bertemu di Teuku Umar, kediaman Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri. Sedangkan sejumlah lembaga survei merilis temuannya bahwa responden kecewa terhadap sejumlah kementerian.

Presiden Joko Widodo bahkan dikabarkan akan bertemu dengan pimpinan partai koalisi. Mereka yang diundang antara lain Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh, Ketua Umum Hanura Wiranto, dan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar. Tak ada kepastian kapan waktu tepatnya. Tapi Sekretaris Kabinet Pramono Anung mengatakan, “Yang jelas, dalam waktu dekat Presiden akan bertemu dengan ketua-ketua partai KIH.”

Ketua Dewan Pengurus Pusat Partai NasDem, Luthfi Andi Mutty, menyatakan hal serupa. Menurut dia, Presiden berwenang mengganti siapa pun dalam kabinetnya. Bahkan termasuk politikus NasDem dalam kabinet. “Mau dikurangi, dihabiskan, itu hak Presiden,” kata dia. Luthfi mengatakan, pemerintahan kini menganut sistem presidensial, yang seluruh anggota kabinet kerja bertanggung jawab penuh kepada presiden. “Hanya presiden yang tahu kapan dan siapa yang akan diganti.”

Ketua Dewan Pengurus Pusat Partai Amanat Nasional, Azis Subekti, mengatakan alasan kader PAN masuk pemerintahan adalah membuka kebuntuan politik. Ia mencontohkan, kebuntuan dalam hal kurang berjalannya konsolidasi di Senayan sehingga program pemerintah ada yang berjalan tak efektif, seperti dalam bidang ekonomi.

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, yang juga politikus PDI Perjuangan, mengatakan partai-partai koalisi pemerintah mendukung Presiden dan Wakil Presiden tanpa kontrak politik. “Dulu kami dukung Pak Jokowi tanpa kontrak, tak harus menyiapkan meterai,” ujar Tjahjo. Semua partai boleh mendukung Jokowi dan Kalla dengan caranya masing-masing. “Tapi tak boleh ada bargaining position.” HUSSEIN ABRI YUSUF | REZA ADITYA | ANANDA TERESIA| TIKA PRIMANDARI | DESTRIANITA K.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: