Pemerintah Siapkan Insentif Bagi Perusahaan Yang Membuka Lahan Tanpa Pembakaran


Mana daftar perusahaan tukang asap ??  Saya makin yakin pemerintah tidak akan mengeluarkan nama karena menyangkut donor dari pemilihan presiden y.l

Thursday, November 12, 2015       15:07 WIB
Ipotnews – Pemerintah tengah menyiapkan insentif bagi perusahaan perkebunan yang membuka lahan bukan dengan cara membakar. Sebaliknya, disinsentif juga akan diberlakukan  bagi perusahaan yang melakukan pembakaran dalam membuka lahan.

Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup, Siti Nurbaya, seusai menghadiri rapat koordinasi tentang kehutanan di Kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Kamis (12/11), mengatakan pencegahan kebakaran lahan akan dilakukan pemerintah dari segala aspek secara komprehensif. “Tadi dibahas insentif dan disinsentif. Kita perhatikan pola-pola clearing lahan tanpa dibakar. Kita juga bahas tentang diskusi-diskusi di ruang publik mengenai pembukaan lahan ini, kita juga membahas kemudian apabila kita atur kembali kompensasinya apa. Detailnya (insentif) belum,” kata Siti.

Siti menyatakan, sesuai dengan instruksi Presiden Joko Widodo, pihaknya tengah menyiapkan regulasi pencegahan dan penanganan hutan. Pihaknya, aku Siti, sudah punya cara yang lebih efektif untuk penanggulangan masalah ini. “Concern dari kami pencegahan kebakaran hutan, terutama pada lahan gambut, pendekatan khusus yang paling sulit kalau terjadi kebakaran. Izin kebun juga perlu dipikirkan restorasinya, ekosistem gambutnya. Kita siapkan badan yang menangani ini, dalam waktu singkat,” ujarnya.

Siti menjelaskan, terkait dengan insentif dan disinsentif misalnya adanya standar atau ketentuan suatu perusahaan dengan area lahan seluas sekian hektare harus punya alat-alat pemadam, atau alat-alat pencegahan kebakaran dalam jumlah tertentu. “Nah kalau dia tidak memenuhi standar itu dia kena disinsentif. Hal-hal seperti, misalnya dia kena denda diapain-diapain. Itu dalam action plan, saya tidak tahu apakah action plan-nya akan (dalam bentuk) di-perpres-kan,” ucapnya.(Fitriya/ha)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: