Gila! Dana Kongres HMI Lebih Besar daripada Dana Kebakaran Hutan  


ini baru asli GILA !

 

RABU, 18 NOVEMBER 2015 | 12:14 WIB
Ribuan kader HMI Sulselbar menutup pintu masuk Pelabuhan Soekarno Hatta Pelindo IV, Makassar, 17 November 2015. Mereka memaksa masuk ke pelabuhan untuk diberangkatkan menuju Riau, tempat pelaksanaan Kongres HMI ke-29. TEMPO/Fahmi Ali

TEMPO.CO, Pekanbaru – Kongres Himpunan Mahasiswa Islam yang akan digelar di Pekanbaru, Riau, pada pekan depan kini menuai protes karena memakai duit Rp 3 miliar dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Riau. Alokasi dana fantastis dari bantuan sosial yang dikucurkan untuk Kongres HMI itu bahkan lebih besar dibanding anggaran pencegahan kebakaran hutan dan lahan di Riau tahun 2015 yang hanya Rp 1,4 miliar.

“Ini sangat gila dan tidak masuk akal,” kata koordinator Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran (Fitra) Riau, Usman, Rabu, 18 November 2015. Belum lama ini, Riau selama berbulan-bulan dihantam bencana kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan.

Menurut Usman, Kongres HMI di Riau tidak ada substansinya dengan kepentingan masyarakat setempat. Dia justru khawatir duit Rp 3 miliar itu nanti hanya menjadi lahan bancakan bagi mahasiswa beserta para wakil rakyat yang kebanyakan alumnus organisasi tersebut. “Apa bisa mahasiswa mempertanggungjawabkan uang rakyat miliaran rupiah itu dengan benar,” ucapnya.

Usman menilai pengucuran uang rakyat sebesar Rp 3 miliar hanya untuk penyelenggaraan sebuah kongres organisasi kemahasiswaan adalah hal yang mencurigakan. Apalagi dana sebesar itu diberikan di tengah minimnya alokasi dana bagi pelayanan masyarakat. Masyarakat Riau hingga kini masih menjerit akibat pelayanan umum masih sangat kurang baik, baik dari infrastruktur, pendidikan, maupun kesehatan. Menurut dia, akan jauh lebih baik jika dana itu dialokasikan untuk perbaikan sekolah, kesehatan warga, atau pencegahan kebakaran hutan dan lahan.

Namun pelaksana tugas Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman mengaku tidak mempersoalkan kucuran dana Rp 3 miliar dari APBD Riau untuk Kongres HMI. Menurut dia, pemberian dana itu sebagai bentuk dukungan Pemerintah Provinsi Riau terhadap generasi muda dalam proses pembelajaran di tingkat nasional. “Kami melihat acara ini sebagai proses pembelajaran bagi pemuda Riau di tingkat nasional,” ujarnya.

Menurut Arsyadjuliandi, Kongres HMI nanti bakal dihadiri Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla beserta rombongan menteri. Momen tersebut, tutur Andi, merupakan kesempatan bagi Riau untuk bisa berkomunikasi dengan pemerintah pusat dalam membahas program pengembangan daerah di Riau. “Di sana nanti, kami bisa bahas pencegahan kebakaran hutan dan proses pembangunan jalan tol,” ucapnya.

RIYAN NOFITRA

 

Senin 23 Nov 2015, 10:35 WIB

Sweeping Kader HMI di Arena Kongres, Polisi Temukan Sajam dan Senpi Rakitan

Chaidir Anwar Tanjung – detikNews
Sweeping Kader HMI di Arena Kongres, Polisi Temukan Sajam dan Senpi RakitanBarang-barang yang disita dari peserta kongres HMI di Pekanbaru (Foto: Chaidir Anwar Tanjung/detikcom)
Pekanbaru – Polresta Pekanbaru men-sweeping kader Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) ke di arena kongres XXIX di Gedung Gelanggang Remaja, Pekanbaru, Senin (23/11/2015). Hasilnya, mereka menemukan senjata tajam dan anak panah.

Selain polisi, sweeping melibatkan personel TNI. Ratusan kader HMI diperiksa satu per satu.

Para mahasiswa dilkumpulkan di tanah lapang di arena kongres

Para mahasiswa dikumpulkan di tanah lapang. Senjata tajam seperti badik, pisau, dan anak panah, dipajang.

Mereka diceramahi oleh polisi dan instansi terkait

Sweeping dilakukan setelah tadi malam panitia dari Pekanbaru dikeroyok massa HMI. Di antara panitia, ada yang kena busur panah. Perkelahian itu terjadi di samping Hotel Green di Jl Arifin Ahmad.

Sampai saat ini, polisi masih melakukan pendekatan kepada kader HMI. Kongres dibuka Wapres Jusuf Kalla, Minggu (22/11) kemarin, dan dijadwalkan berakhir pada Kamis (26/11) mendatang.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: