Bukti Kuat Penjerat Setya Novanto


Semoga !
SENIN, 23 NOVEMBER 2015

 Bukti Kuat Penjerat Setya Novanto

JAKARTA – Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) hari ini akan memulai sidang perdana dengan agenda menindaklanjuti laporan dugaan pelanggaran etik Ketua DPR Setya Novanto. Wakil Ketua MKD Junimart Girsang mengatakan, pengakuan Setya mengenai adanya pertemuan dengan petinggi Freeport akan menjadi salah satu bukti kuat menjerat politikus Golkar tersebut.

Selain itu, Mahkamah akan mempertimbangkan rekam jejak Setya yang pernah dihukum ringan dalam kasus etik bertemu dengan bakal calon Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, beberapa waktu lalu. “Menurut peraturan Mahkamah, anggota DPR yang mengulangi pelanggaran etika tidak bisa dihukum ringan,” kata Junimart, kemarin. “Di peraturan ada juga sanksi sedang dan berat disertai hukuman pencopotan dari jabatan.”

Dalam aduannya pada Senin pekan lalu, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Sudirman menyerahkan transkrip-belakangan dilengkapi rekaman-pembicaraan Setya bersama bos Freeport Indonesia, Maroef Sjamsoeddin, dan importir minyak Mohammad Riza Chalid. Dalam transkrip yang beredar, ketiganya membicarakan nasib perpanjangan kontrak Freeport, pembangunan smelter atau pabrik pengolahan mineral, dan proyek pembangkit listrik di Papua.

Dugaan percaloan menyeruak lantaran dalam obrolan itu juga muncul urusan bagi-bagi saham. Setya dan Riza juga beberapa kali mencatut nama Presiden Joko Widodo, Wakil Presiden Jusuf Kalla, serta mantan Kepala Staf Kepresidenan yang kini menjabat Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan, Luhut Pandjaitan.

Kepada Tempo, Setya mengaku tiga kali bertemu dengan petinggi Freeport. Pertemuan terakhir kali pada 8 Juni lalu di lantai 21 Hotel Ritz-Carlton, Jakarta, yang diakui Setya juga dihadiri Riza Chalid. Namun dia membantah jika disebut meminta saham dan mencatut nama Presiden. “Itu joke, bercanda biasa,” katanya. AGOENG WIJAYA | HUSSEIN ABRI | FAIZ NASRILLAH

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: