Soal Heli Kepresidenan, Menhan Beri Lampu Hijau Untuk TNI AU


Lagi lagi.. Pada membangkang. Pasti ada duit dibalik heli.! Beli dari PT DI tidak ada kickback , karena petinggi TNI Au / Kemhan sudah duduk sebagai komisaris. Westland / Agusta terkenal berani kasih ” amplop” di Belgia beberapa tahun yang lalu terbongkar praktek ” kickback” helikopter agusta yang terjerat saat itu adalah Menhan Belgia yang merangkap sebagai Sekjen Nato !

Elza Astari Retaduari – detikNews
54
SHARES
5406
Soal Heli Kepresidenan, Menhan Beri Lampu Hijau Untuk TNI AU
Foto: Agung Pambudhy

54

0

6
Jakarta – TNI AU berencana membeli helikopter VVIP AgustaWestland AW101. Menhan Ryamizard Ryacudu pun memberi lampu untuk TNI AU meski ada sejumlah polemik mengenai pembelian heli asal Italia itu.

“Sudah berapa kali disarankan, ya nggak apa-apa,” ungkap Ryamizard di Kantor Kemenko Polhukam, Jl Medan Merdeka Barat, Jakpus, Rabu (2/12/2015).

Ryamizard tak mau masalah pembelian heli kepresidenan itu banyak diperdebatkan. Polemik memang terjadi karena sejumlah pihak menilai alangkah lebih baik jika TNI AU membeli heli buatan PT Dirgantara Indonesia, Eurocopter EC-725 Caracal atau yang dikenal dengan sebutan Super Cougar.

“Tapi TNI AU sudah mengkaji, ya sudah. Jangan digede-gedein ntar gue berkelahi lagi tuh, gue nggak mau,” kata Ryamizard.

Entah apa maksud jenderal purnawirawan ini. Ryamizard tak menjelaskan lebih lanjut dengan siapa dia berkelahi.

“Udah pada ribut-ribut tuh di koran, biar aja,” tukasnya.

Lantas bagaimana sebenarnya proses pengadaan helikopter untuk VVIP tersebut?

“Begini ya, itu semuanya kemhan, tapi kan yang paling tahu perlunya kan mereka, saya lihat masuk akal nggak, saya tanya katanya harus ngadep presiden, ya sudah,” jawab Ryamizard.

Akibat menuai polemik, TNI AU pun akan mengkaji ulang rencana pembelian AW101. Hal tersebut akan digodok lagi usai Presiden Joko Widodo pulang ke Tanah Air. Jokowi saat ini tengah menghadiri Konferensi Perubahan Iklim di Paris, Prancis.

“Betul (akan dikaji ulang). Nanti (dibahas kembali) setelah RI-1 pulang,” ucap KSAU Marsekal Agus Supriatna saat dikonfirmasi, Selasa (1/12).
(elz/dra)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: