100 WNI Baru Pulang dari Suriah, Ketum PBNU: Pemerintah Tak Boleh Lengah


Kamis 26 Nov 2015, 12:44 WIB

Idham Kholid – detikNews
100 WNI Baru Pulang dari Suriah, Ketum PBNU: Pemerintah Tak Boleh LengahKetum PBNU Said Aqil Siradj. (Foto: Rachman Haryanto/detikcom)
Jakarta – Badan Intelijen Negara menyebut saat ini ada seratusan lebih WNI yang pulang dari Suriah menuju tanah air. Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama Said Aqil Siradj meminta pemerintah tidak lengah.

Pemerintah, kata Said, harus memantau pergerakan para WNI yang baru pulang dari Suriah tersebut. Apabila ada yang sudah terlanjur terlibat dalam jaringan tindak pidana terorisme, pemerintah diminta tidak ragu untuk bertindak tegas.

“Kepada mereka kelompok yang terlibat terorisme, aparat keamanan harus turun tangan,” kata Said saat berbincang dengan detikcom, Kamis (26/11/2015).

Sementara Nahdlatul Ulama akan berperan mencegah agar masyarakat tidak terpancing dengan ajakan untuk melakukan tindakan terorisme. Di pesantren misalnya, para santri akan diberi kegiatan yang padat dan positif. Seperti mengaji Alquran, Hadist dan berbagai ilmu agama.

“Para santri ini dari pagi sampai malam mengaji, kegiatannya padat sehingga tak ada kesempatan untuk belajar membuat bom,” kata Kiai Said, begitu biasa dia dipanggil di kalangan Nahdliyin.

Kepala Kepolisian RI Jenderal Badrodin Haiti memastikan pihaknya akan terus memantau pergerakan WNI yang baru pulang dari Suriah tersebut. Hanya menurut dia data BIN dengan Polri sedikit berbeda.

“Kalau itu (jumlah 100 WNI) tanya ke BIN, kalau data kami tidak sebesar itu, sekitar 60-70 orang,” kata Badrodin saat dihubungi detikcom, Kamis (26/11/2015).

Badrodin menjelaskan, puluhan WNI itu pulang ke tanah air dengan beberapa cara.  “Ada yang pulang sukarela, dideportasi, diberangkatkan. Kalau yang itu (60-70) identitasnya jelas. Kami pantau terus itu (pergerakannya),” kata dia.

(erd/tor)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: