Bank Dunia: Ketimpangan Di Indonesia Tertinggi Dalam Sejarah


Rabu, 9 Desember 2015 | 7:54 WIB 0 Komentar | 775 Views

Kemiskinan

Pemerintah Indonesia tidak bisa menganggap sepele isu ketimpangan ekonomi. Sebab, tingkat ketimpangan di Indonesia saat ini tercatat sebagai yang tertinggi dalam sejarah negeri ini.

Laporan terbaru Bank Dunia menyebutkan, rasio gini yang mengukur tingkat kesenjangan pendapatan menunjukkan peningkatan signifikan dari 30 poin (0,30) di tahun 2000 menjadi 41 poin (0,41) di tahun 2014. Malahan tahun ini rasio gini Indonesia sudah menyentuh 42 poin (0,42).

“Ini yang tertinggi dalam sejarah Indonesia,” kata Kepala Perwakilan Bank Dunia di Indonesia, Rodrigo Chaves, dalam acara bertajuk “Akhiri Ketimpangan Untuk Indonesia (Aku Indonesia)” di Jakarta, Selasa (8/12/2015).

Rodrigo mengatakan, kendati pertumbuhan ekonomi Indonesia mengagumkan selama 15 tahun terakhir, tetapi ternyata tidak berbanding lurus dengan pengurangan ketimpangan ekonomi di masyarakat.

“Pertumbuhan ekonomi menguntungkan warga terkaya 20 persen, tapi 80 persen populasi tertinggal di belakang,” kata Rodrigo.

Penyebabnya, kata Rodrigo, pertumbuhan pendapatan 10 persen orang terkaya Indonesia tiga kali lipat lebih cepat daripada pertumbuhan 40 persen warga termiskin.

Tingkat ketimpangan yang parah ini, ujar Rodrigo, berpotensi menghalangi pertumbuhan ekonomi dan melahirkan konflik sosial. Karenanya, berdasarkan hasil survei Bank Dunia, 60 persen rakyat Indonesia lebih memilih pertumbuhan ekonomi rendah asalkan ketimpangan juga berkurang.

Lebih jauh, Bank Dunia memaparkan empat faktor yang mendorong melebarnya ketimpangan itu, yaitu ketimpangan kesempatan, ketimpangan di pasar tenaga kerja, kekayaan yang terkonsentrasi di tangan segelintir orang, dan ketimpangan ketahanan terhadap guncangan ekonomi.

Menghadapi situasi itu, Bank Dunia juga merekomendasikan empat langkah, yaitu perbaikan layanan publik, penciptaan lapangan dan peluang kerja yang lebih baik, perlindungan dan proteksi sosial melalui transfer tunai dan subsidi pendidikan, dan pajak yang dialokasi untuk infrastruktur, pendidikan, kesehatan, dan jaminan sosial.

Mahesa Danu

Sumber Artikel: http://www.berdikarionline.com/bank-dunia-ketimpangan-di-indonesia-tertinggi-dalam-sejarah/#ixzz3tnuyHwuW
Follow us: @berdikarionline on Twitter | berdikarionlinedotcom on Facebook

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: