Kalla Instruksikan Polri Cari Riza Chalid


M  Riza Chalid sudah disuruh kabur dan bersembunyi oleh si Setnov.  Keluarkan segera red notice ke Interpol. biar dia biasa digiring seperti si Nazaruddin.
Yang paling memuakan setelah Majelis Kehormatan Duit eh DPR, si Setnov melaporkan Sudirman Said ke Polisi. Kita lihat saja jika kasus pencemaran nama baik atau fitnah diproses oleh Polisi.. Cilaka 13 ribu negeri tercinta ini. Ini membuktikan kita Warga Negara Indonesia bakal terus hidup dikangkangi oleh bandit bajingan tengik macam Moh Riza, Setya Novanto, Fadli Xonk..dll
Koran Tempo
10 DESEMBER 2015

JAKARTA ��” Wakil Presiden Jusuf Kalla menginstruksikan Polri segera mencari saudagar minyak Muhammad Riza Chalid agar bisa segera dimintai keterangan terkait dengan dugaan pencatutan nama Presiden dan Wakil Presiden dalam lobi perpanjangan kontrak karya PT Freeport Indonesia. Kasus ini juga melibatkan Ketua DPR Setya Novanto. “Ini tidak ada unsur pribadi, ya. Tapi kalau Presiden sudah menyuruh panggil, otomatis Polri harus taat,” kata Kalla, di Jakarta, kemarin.

Kasus pencatutan nama Presiden dan Wakil Presiden ini terbuka setelah Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Sudirman Said melaporkan soal itu ke Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD), 16 November lalu. Sudirman membawa bukti rekaman percakapan antara Novanto, Riza, dan Direktur PT Freeport Indonesia Maroef Sjamsoeddin, di Hotel Ritz- Carlton 8 Juni 2015. Dalam percakapan itu, terdapat upaya meminta saham. Di media sosial, kasus ini terkenal sebagai skandal “papa minta saham”.

Kalla mengatakan, kesaksian Riza sangat diperlukan untuk mengungkap skandal pencatutan namanya dan Presiden Jokowi, baik untuk sidang di MKD atau penyelidikan Kejaksaan Agung. Dia juga meminta Kejaksaan dan Polri serius dalam soal ini. “Kejaksaan dan polisilah yang berkewajiban. Kalau tidak dijalankan, Anda melihat suatu gejala kejahatan, polisi dan jaksa tidak menanganinya, (maka) justru polisinya atau kejaksaannya yang salah.”

Kejaksaan Agung masih terus mencari Riza. Kejaksaan bahkan membentuk tim intelijen untuk menghadapkan Riza ke penyelidik yang sedang memeriksa kasus “papa minta saham” dengan dugaan pasal percobaan dan permufakatan korupsi.

Sudirman tak ingin menanggapi proses hukum yang sedang berlangsung di Kejaksaan Agung. “Saya tidak bisa menilai, dong. Saya kan hanya menyampaikan dari segi etik dan laporan saya kepada MKD,” kata Sudirman Said saat ditemui setelah diperiksa di Kejagung, Selasa lalu.

Novanto, melalui kuasa hukumnya, Firman Wijaya, kemarin melaporkan Sudirman ke Badan Reserse Kriminal Polri karena diduga telah melakukan pelanggaran hukum setelah beredarnya rekaman soal “papa minta saham” itu. Dugaan pelanggarannya berupa fitnah, pencemaran nama baik, penghinaan, dan pelanggaran Undang- Undang Informasi dan Transaksi Elektronik. “Ini sudah menyerang nama baik Setnov (Setya Novanto),” ujarnya, seperti dilansir Antara. REZA ADITYA | INGE KLARA SAFITRI | DESTRIANITA K.

++++

 

Sudirman Said Dituduh Langgar Etik, Netizen Heboh

KAMIS, 10 DESEMBER 2015 | 09:11 WIB

Sudirman Said Dituduh Langgar Etik, Netizen Heboh

Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM), Sudirman Said tiba di Gedung Jampidsus Kejaksaan Agung RI, Jakarta, 8 Desember 2015. TEMPO/Amston Probel

TEMPO.CO, Jakarta – Masyarakat Indonesia tampak menunjukkan reaksi sejalan beberapa saat setelah tersebar kabar dilaporkannya Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Sudirman Said ke Badan Reserse Kriminal serta Kepolisian RI oleh kuasa hukum Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Setya Novato, Firman Wijaya. Melalui media sosial Twitter dengan label khusus #SaveSudirmanSaid, publik (netizen) menyesalkan sikap Setya yang malah balik melaporkan Sudirman atas tuduhan pencemaran nama baik.

Kekecewaan yang disampaikan melalui jejaring Twitter ini sudah muncul sejak dipanggilnya Sudirman Said ke sidang Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) yang disiarkan langsung secara terbuka oleh beberapa stasiun televisi nasional, seperti pada akun @fitrijoko yang mengatakan, “Pengadu seharusnya dilindungi dan dimuliakan, bukan diperlakukan seperti orang bersalah.” Ada juga yang berpendapat bahwa pelaporan tersebut adalah sebuah dalih, oleh @canny_shoeple, “SN (Setya Novanto) sudah mati langkah alias skak mat.”  (Lihat video Pengamat : Sidang MKD Antiklimaks, Setya Novanto Bersikukuh Tidak Bersalah)

Kata-kata mendalam juga disampaikan beberapa individu yang merasa janggal saat Sudirman yang seharusnya dipuji karena menguak kasus ini ke publik, malah dianggap melanggar hukum, seperti @widyawatirita yang menulis “when exposing a crime is treated as commiting a crime, you are ruled by criminal(kalau membeberkan kejahatan dianggap sama saja dengan mengakuinya, kalian sudah dikendalikan kejahatan itu sendiri).”

Firman selaku kuasa hukum Setya melaporkan Sudirman Said ke kantor Bareskrim pada Rabu, 9 Desember 2015. Laporan itu dilakukan Firman atas dugaan tindak pidana fitnah, pencemaran nama baik, penghinaan, dan pelanggaran Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).

Upaya pelaporan ini, ujar Firman, untuk meluruskan tuduhan-tuduhan yang selama ini menyerang kliennya. “Ini sudah menyerang nama baik Setnov (Setya Novanto). Ini harus ditindak serius. Untuk itu, kami ingin meluruskan tuduhan ini. Makanya kami lapor ke Bareskrim.”

Sebelumnya, Menteri Sudirman telah mengadukan Setya ke MKD atas dugaan mencatut nama Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla dalam lobi perpanjangan kontrak Freeport. Bukti rekaman pembicaraan Setya, Presiden Direktur PT Freeport Indonesia Maroef Sjamsoeddin, dan pengusaha minyak M. Riza Chalid yang berisi dugaan pencatutan nama tersebut sudah diserahkan ke MKD.

Dalam sidang MKD, Sudirman dan Maroef telah diminta keterangan. Setya selaku teradu juga telah dimintai keterangan, tapi dia menolak menjawab karena menilai rekaman itu diperoleh secara ilegal. Sedangkan Riza Chalid yang seharusnya diperiksa MKD pada Kamis, 3 Desember 2015, belum juga hadir.

YOHANES PASKALIS

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: