Menteri BUMN Berjanji Tak Lindungi Lino


BUMN memang hanya jadi bancakan elit politik entah yang dari partai politik atau profesional.  Lebih baik yang namanya BUMN dibubarkan saja..karena sumbangan buat negara dan masyarakat sangatlah MINIM !
SELASA, 22 DESEMBER 2015

JAKARTA – Menteri Badan Usaha Milik Negara Rini Soemarno berjanji tidak akan melindungi Direktur Utama PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) Richard Joost Lino dari kasus pengadaan tiga unit quay container crane (QCC). Komisi Pemberantasan Korupsi telah menetapkan Lino sebagai tersangka dugaan korupsi pembelian alat senilai Rp 60 miliar itu. “Kami akan ikuti hukum. Tidak ada lindung-melindungi,” kata Rini di Jakarta, kemarin.

Rini menjelaskan, mengenai posisi Lino, Kementerian menunggu laporan dari komisaris Pelindo II. Alasannya, Pelindo II merupakan korporasi, sehingga pembahasan mengenai Lino harus melalui direksi dan komisaris. “Kami menunggu proses di dewan komisaris.”

Menurut anggota Dewan Komisaris Pelindo II, Luky Eko Wuryanto, kewenangan memberhentikan Lino ada di tangan Menteri BUMN, setelah mendapat pandangan dari komisaris. “Sampai sekarang belum ada permintaan pandangan dari Menteri BUMN,” ujar dia.

Bila ada permintaan, Luky menjelaskan, komisaris akan menggelar rapat untuk merumuskan pandangan tentang Lino. Sebenarnya, komisaris telah berkonsolidasi selepas penetapan Lino sebagai tersangka. Luky menolak memaparkan hasilnya. “Secara bisnis penetapan sebagai tersangka ini pasti berpengaruh,” kata dia.

Melalui layanan pesan instan, Lino mengatakan akan berkonsultasi dengan Menteri BUMN, apakah harus mengundurkan diri setelah berstatus tersangka atau tidak. Ia mempertimbangkan kemungkinan mundur bila kasus tersebut menyita waktu dan mengganggu jalannya perusahaan.

Kemungkinan terganggunya kinerja Pelindo II juga diungkapkan Kepala Staf Presiden Teten Masduki. Tapi, sejauh ini, Presiden Joko Widodo belum membahas secara khusus masalah itu. “Pemerintah menghormati proses hukum. Presiden ingin memberi keleluasaan kepada KPK untuk melakukan proses penyidikan,” ujar dia kepada pers.

Sekretaris Perusahaan Pelindo II, Banu Astrini, meyakinkan manajemen berjalan seperti biasa. “Perusahaan menghormati proses hukum. Kami akan bekerja sama dengan semua pihak terkait.”SINGGIH SOARES | AMIRULLAH | REZKI ALVIONITASARI

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: