Lima F-16c/d akan datang awal Maret


Lima F-16C/D Akan Datang Awal Maret

07 Januari 2016

F-16C/D TNI AU (photo : Rezza Habibie)

Lima Pesawat Tempur F16 Bakal ‘Tinggal’ di Natuna

VIVA.co.id – Tentara Nasional Indonesia (TNI) terus menambah kekuatan militer di Natuna, Kepulauan Riau. Bahkan TNI AU sedang membangun Landasan Udara (Lanud) tipe B sebagai basis kekuatan angkatan udara.

Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU), Marsekal TNI Agus Supriatna mengatakan, pengembangan Lanud menjadi tipe B sejalan dengan rencana penambahan pasukan khusus angkutan udara (Paskhas).

“Rencana (penambahan) batalyon Paskhas, tapi lihat dulu pembangunan (Lanud) di Natuna, mungkin awalnya tidak satu batalyon” ujar Agus di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Selasa malam, 5 Januari 2016.

Selain itu, beberapa pesawat tempur juga akan di siagakan di Kepulauan Natuna. Sedangkan tambahan pesawat F16 yang rencana akan tiba awal Maret mendatang akan ditempatkan di Lanud tipe A di Riau.

“Radar di Natuna juga kita geser ke tempat strategis. Begitu juga pesawat tempur yang standby di sana. Untuk pesawat F 16 harusnya sudah datang lima pesawat. Tapi ada sesuatu hal mundur akhir Februari atau awal Maret dan diletakkan di Riau,” kata dia.

Seperti diketahui, wilayah Kepulauan Natuna terletak di perairan selat Malaka dan berbatasan dengan wilayah Laut Cina Selatan. Ketegangan di Natuna meningkat setelah Tiongkok sempat mengklaim wilayah Natuna masuk kedalam teritorialnya.

TNI pun terus menyiagakan beberapa armada tempur menjaga kedaulatan Indonesia. Blok Natuna diketahui kaya akan kandungan minyak bumi.

(Viva)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: