2015, Masa Suram Industri Otomotif Indonesia


Agust Supriadi, CNN Indonesia
Kamis, 21/01/2016 09:50 WIB
2015, Masa Suram Industri Otomotif IndonesiaPekerja mengatur mobil-mobil yang akan dikeluarkan dari kapal di Tanjung Priok Car Terminal, Jakarta Utara, Rabu, 16 Desember 2014. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia — Pasar otomotif nasional menciut 16 persen pada tahun lalu setelah hanya berhasil menjual 1 juta mobil. Pada 2014, tercatat jumlah mobil yang terjual di Tanah Air sebanyak 1,2 juta unit.

Mobil murah ramah lingkungan (low cost green car/LCGC) mendominasi penjualan kendaraan tahun lalu, dengan pangsa pasar 53 persen.

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), hampir seluruh prinsipal tak mampu mendongkrak penjualan pada 2015. Kecuali Honda, yang masih bisa menjual mobil lebih banyak dibandingkan tahun sebelumnya.

Grups Astra, yang mengusung lima merek mobil pabrikan Jepang, sejauh ini masih menguasai lebih dari separuh pasar otomotif nasional, dengan jumlah kendaraan terjual 510.224 unit. Namun, pangsa pasarnya menyusut dari 50,84 persen pada 2014 menjadi 50,35 persen pada tahun lalu.

Dari lima jagoan otomotif Astra, Toyota masih yang teratas dengan angka penjualan 322.466 unit. Namun, angka tersebut turun 7,7 persen dibandingkan dengan penjualan tahun sebelumnya sehingga berakibat pada tergerusnya pangsa pasar Toyota dari 33 persen pada 2014 menjadi 31 persen pada tahun lalu.

Di urutan kedua ada Daihatsu dengan jumlah mobil terjual 167.808 unit, turun 9,4 persen dibandingkan dengan penjualan tahun sebelumnya 185.226 unit. Kendati demikian, pangsa pasar Daihatsu justru meningkat dari 15,33 persen menjadi 16,56 persen.

Sementara tiga mobil pabrikan Grup Astra lainnya, yakni Isuzu, UD Trucks, dan Peugeot masing-masing penjualannya minus 31,5 persen, 34 persen, dan 38 persen.

Non Astra

Di luar Astra, Honda menjadi kompetitor paling ketat pada tahun lalu setelah berhasil menjual mobil 106 unit lebih banyak dibandingkan tahun sebelumnya. Dengan total penjualan 159.253 unit mobil, Honda berhasil memperbesar pengaruhnya di pasar otomotif Indonesia. Pangsa pasar Honda naik dari 13,1 persen pada 2014 menjadi 15,7 persen.

Sementara Suzuki hanya berhasil menjual 121.805 unit atau turun 21,3 persen dibandingkan dengan pencapaian 2014 yang mencapai 154.923 unit.

Selanjutnya Mitsubishi, dengan angka penjualan 112.527 unit kendaraan. Angka tersebut turun 20,7 persen dibandingkan dengan tahun sebelumnya yang terjual 141.962 unit.

Nasib serupa juga dialami Nissan, setelah hanya berhasil menjual 25.108 unit, turun 25,7 persen dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: