Tempo Media Beli Saham Bintang Indonesia


Lama juga nggak ada corporate action dari Tempo group. Semoga sukses !
Koran Tempo
SELASA, 26 JANUARI 2016

 Tempo Media Beli Saham Bintang Indonesia

JAKARTA – PT Temprint, anak usaha PT Tempo Inti Media Tbk (TMPO), mengumumkan kemitraan dengan PT Sedaya Citra Media. Kedua perusahaan sepakat berkolaborasi memegang masing-masing 50 persen saham PT Mediabintang Indonesia, penerbit tabloid mingguan Bintang Indonesia.

Direktur Utama Mediabintang Herry Hernawan mengatakan, penggabungan kedua perusahaan diharapkan bisa meningkatkan kinerja pada 2016. “Bagi kedua pihak akan ada keuntungan. Salah satunya dalam hal distribusi dan percetakan,” ucapnya saat ditemui di Gedung Tempo, kemarin.

Herry, yang juga menjabat Direktur Produksi Tempo Inti Media ini, menambahkan proses percetakan tabloid Bintang akan diambil alih oleh Temprint. Mediabintang akan mendapatkan potongan harga percetakan sebesar 10 persen.

Dia menuturkan, pilihan bersinergi dengan Mediabintang tidak lepas dari potensi pasar yang bagus di segmen hiburan. Selain itu, redaksi Bintang mempunyai keunggulan dari sisi konten dan foto. “Potensi Mediabintang bagus,” ucapnya.

Kendati industri media cetak tengah tertekan, Herry optimistis sinergi antara kedua perusahaan akan memberikan nilai tambah. Ia tak menampik kenyataan banyaknya media cetak yang berguguran. Namun ada sisi baiknya, kata Herry, yaitu berkurangnya kompetitor.

“Selama media mampu menyajikan berita dan informasi yang dibutuhkan pembaca, potensi untuk bertahan dan tumbuh tetap ada.”

Selain tabloid Bintang, Mediabintang juga menerbitkan majalah Homeliving, tabloid Bintang Home, Aura online, Teenonline, dan situs http://www.tabloidbintang.com. Sedangkan Tempo Media menghasilkan produk antara lain majalah Tempo, Tempo English, Koran Tempo, dan Tempo.co.

Agar bisa bersaing, tim manajemen Tempo Media akan melakukan penyegaran dari sisi desain, tata letak, kualitas tulisan, dan foto tanpa mengubah karakter utama dari Mediabintang. “Perubahan tentunya akan berjalan hati-hati,” ucap Herry.

Kedua perusahaan, ujar dia, tidak akan sepenuhnya bergantung pada format cetak. Saat ini, baik Tempo Media maupun Mediabintang sudah mengembangkan media online. Dengan adanya kesepakatan ini, konten dari kedua media bisa saling bertukar selama temanya masih relevan.

Ihwal komposisi saham yang sama besar, Herry menyatakan hal itu merupakan kesepakatan kedua belah pihak. Dengan komposisi saham yang sama, masing-masing pihak berada pada posisi yang setara. Jika ada masalah, jalan keluarnya akan dicari dengan cara kompromi. ADITYA BUDIMAN | EFRI RITONGA

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: