Mimpi AP II: Jadikan Soekarno-Hatta Hub Penerbangan Internasional


Bandara-Soekarno-Hatta-Jakarta-Grand-Design-Istimewa-001

sumber: http://indo-aviation.com/2016/01/28/mimpi-ap-ii-jadikan-soekarno-hatta-hub-penerbangan-internasional/

JAN 28 • BERITA DOMESTIK • 1540 VIEWS • NO COMMENTS ON MIMPI AP II: JADIKAN SOEKARNO-HATTA HUB PENERBANGAN INTERNASIONAL

Salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) pengelola bandara, Angkasa Pura II (AP II), ternyata memiliki mimpi besar, yaitu ingin menjadikan Bandara Soekarno-Hatta Jakarta sebagai hub transit penerbangan internasional. Selama ini Bandara Soekarno-Hatta memang lebih banyak didominasi oleh penerbangan domestik. Namun, mimpi besar itu muncul setelah perusahaan hampir menyelesaikan proyek pembangunan Terminal 3 Ultimate di Bandara Soekarno-Hatta yang diyakini bisa bersaing dengan bandara-bandara lain di ASEAN, seperti bandara di Singapura dan Kuala Lumpur.

Direktur Utama Angkasa Pura II Budi Karya Sumadi menuturkan, sejauh ini maskapai-maskapai penerbangan asing lebih memilih transit di Singapura, Kuala Lumpur, maupun Bangkok, sedangkan Bandara Soekarno-Hatta belum dijadikan prioritas. “Kita jadikan ini sebagai transit airport, bukan untuk kota-kota di Indonesia, tapi transit kota di dunia,” ujar Budi.

Menurut Budi, dia ingin paling tidak Bandara Soekarno-Hatta bisa bersaing dengan Changi Airport di Singapura maupun Kuala Lumpur International Airport di Malaysia. “Jangankan dengan Changi, dengan Kuala Lumpur saja kalah untuk jumlah transit. Kita itu penerbangan internasional 12 juta penumpang per tahun, sedangkan Malaysia di atas 20 juta dan mayoritas itu transit,” kata dia, sembari menambahkan bahwa jika Angkasa Pura II sukses menjadikan Bandara Soekarno-Hatta sebagai hub transit penerbangan internasional, maka secara otomatis juga akan mendongkrak kunungan wisatawan asing ke Indonesia.

Seperti diketahui, Terminal 3 Ultimate Bandara Soekarno-Hatta akan dioperasikan mulai Mei 2016. Pada tahap pertama, terminal ini akan ditempati oleh maskapai penerbangan nasional Garuda Indonesia baik untuk rute penerbangan domestik maupun internasional, serta maskapai penerbangan anggota SkyTeam dengan daya tampung 15 juta penumpang per tahun. Pada tahap kedua yang diperkirakan pada tahun 2017, seluruh penerbangan internasional akan dipindahkan ke Terminal 3 Ultimate. Jika sudah jadi sepenuhnya, Terminal 3 Ultimate bisa menampung kapasitas 25 juta penumpang per tahun.

Foto: Istimewa

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: