Emosionalnya Menteri Susi Cerita Kapal Asing ‘Menjarah’ Solar dan Curi Ikan


Menteri Kelautan kabinet SBY : mister Cicip S kok nggak pernah diperiksa ya. Mister Cicip yang mengeluarkan berbagai ijin buat asing menjarah ikan di negeri ini..
Selasa 02 Feb 2016, 10:08 WIB

Herianto Batubara – detikNews
Emosionalnya Menteri Susi Cerita Kapal Asing Menjarah Solar dan Curi IkanMenteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastutu (Foto: Agung Pambudhy/detikFoto)
Jakarta – Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti marah. Dia menyebut, ada ribuan kapal asing yang memakai solar dari Indonesia untuk mencuri ikan-ikan dari Indonesia. Akibatnya, nelayan jadi sengsara dan anak-anaknya kurang gizi.

Dijelaskan Susi, dari 2003-2013 jumlah rumah tangga nelayan turun dari 1.6 jutaan menjadi tinggal 800 ribuan. Eksportir hasil laut 103 perusahaan tutup.

“Hasil survey anak2 indonesia dr kurun waktu yg sama 39% kerdil/ kecil. Berarti 1 dr 3 anak yg lahir kuntet. Protein tidak cukup untk mereka,” cuit Susi lewat akun Twitter resminya @susipudjiastuti seperti dikutip detikcom, Selasa (2/2/2016).

Dikatakan Susi, rakyat dari waktu ke waktu bisa terlihat di berbagai media antre BBM dengan jeriken dan botol air mineral. Sementara BBM Indonesia disedot ke tengah laut untuk ribuan kapal asing. Ironisnya, nelayan dari Indonesia sendiri sering tidak kebagian solar.

(Baca juga: Izin Tangkap Ikan Diperketat, Ini Alasan Susi)

“Ribuan kapal asing pakai solar kita untuk mencuri ikan2 kita & nelayan2 kita sering tidak kebagian solar. Semua diambil solar & Ikan2 HABIS,” tulisnya.

Gara-gara ikan-ikan dari Indonesia di curi asing, anak-anak bangsa jadi kerdil karena kurang protein. Sementara ribuan kapal asing terus mencuri hasil laut Indonesia. Menurut Susi, ribuan kapal Tramper seperti SS2 masuk 8 sampai 10 kali per tahun ke perairan Tanah Air.

“Ribuan kapal membawa pergi ribuan ton( SS2 bawa 2000 ton ikan&udang dll) dari laut kita ke negeri mereka. Sementara kita diam??Tidak boleh!!,” tulis Susi.

“Hal2 seperti yg saya tweet tadi TIDAK BOLEH terjadi lagi. Negara mensubsidi solar pencuri ikan, anak2 bangsa kerdil TIDAK BOLEH LAGI TITIK!!.” sambungnya dengan nada penuh emosional.

Susi menegaskan, kedaulatan teritorial laut dan pangan bangsa Indonesia tidak boleh lagi diinjak-injak asing. Indonesia adalah bangsa yang besar yang sadar akan kedaulatan yang harus terus dijaga.

“Kita tidak bisa membagi uang tunai kpd semua rakyat kita untk mrk bisa beli ikan di supermarket.Tapi kt bisa jaga laut kita aman dr pencuri,” tulisnya.

“Jaga laut kita dr pencuri supaya ikan udang cumi dll tetap ada untk kita, anak cucu kita. Paling tidak itu sebuah awal dari banyak PR kita,” sambungnya menegaskan.
(hri/dra)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: