Belasan Petinggi BUMN Akan Diganti


Yang pasti puluhan orang partai dan para penjilat Jokowi lagi banyak beribadah atau ke dukun untuk mendapatkan posisi yang menggiurkan ini

Koran Tempo
SABTU, 06 FEBRUARI 2016

JAKARTA – Kementerian Badan Usaha Milik Negara akan mengganti 18 komisaris dan direksi perusahaan negara karena memasuki masa pensiun. “Ada tujuh direksi dan 11 komisaris yang akan diganti,” kata Deputi Bidang Infrastruktur Bisnis Kementerian BUMN Wahyu Kuncoro, di Jakarta, kemarin.

Menurut Wahyu, masa jabatan ketujuh direksi tersebut akan habis dalam kurun Januari-Maret 2016. Adapun 11 komisaris akan pensiun pada Januari-Juni 2016. Wahyu tak merinci petinggi BUMN mana saja yang akan memasuki masa purna tugas. “Berasal dari BUMN sektor perbankan, minyak dan gas, agro, serta farmasi,” ujarnya.

Ketua Komisi VI DPR yang membidangi BUMN, Achmad Hafisz Tohir, meminta agar rekam jejak para calon petinggi BUMN dipublikasikan, termasuk kepada Dewan. Bahkan, usul tersebut akan dimasukkan dalam wacana revisi Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2013 tentang BUMN yang akan diajukan oleh DPR. Ia menolak anggapan bahwa usul tersebut merupakan bentuk intervensi DPR.

“Harus ada keterbukaan. BUMN ini kan mengelola aset negara hingga Rp 4.500 triliun. Kami hanya ingin mengawasi dan memastikan bahwa perusahaan negara dikelola orang yang tepat,” ujar Achmad.

Hafisz mengatakan revisi Undang-Undang BUMN tak cuma meminta perubahan dalam hal pengangkatan petinggi, tapi juga beberapa poin usul lain. Misalnya, soal pembentukan induk usaha (holding), penggabungan usaha (merger), penawaran perdana saham kepada publik (IPO), serta aturan soal penugasan negara.

Menanggapi permintaan DPR, Wahyu tak banyak berkomentar. Saat ini kementerian masih berpatokan pada Peraturan Menteri BUMN Nomor Pe-02/MBU/02/2015. Ketentuan tersebut mengatur persyaratan dan tata cara pengangkatan anggota Dewan Komisaris dan Dewan Direksi BUMN.

“Peraturan tetap pada Permen 02. Kalau penggantinya dari lingkup internal, kami minta dari dewan komisaris. Tapi kalau dari luar, rekomendasinya dari dewan teknis atau menteri langsung.”

Dalam ketentuan itu, seorang pejabat tidak bisa menduduki lagi bidang yang sama setelah menjabat selama dua periode. “Jadi, seperti Direksi Bank Mandiri, itu tidak bisa diangkat lagi karena sudah dua periode,” kata Wahyu. FAIZ NASHRILLAH | DESTRIANITA KUSUMASTUT

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: