Ini Penyebab Lelang Tol Cileunyi-Tasikmalaya Tertunda


Wednesday, February 10, 2016       15:44 WIB
Ipotnews – Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) menyatakan, proses pelelangan pembangunan proyek Tol Cileunyi – Tasikmalaya saat ini belum bisa dilakukan lantaran masih menunggu penetapan ruas tol itu sebagai bagian dari jalan nasional.

Kepala BPJT Herry Tri Saputra Zuna mengungkapkan pembahasan ruas tol ini telah dilakukan tahun lalu bersama dengan pejabat yang berwenang di lingkup Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Namun demikian, ruas tol sepanjang 75 km itu belum ditetapkan sebagai bagian jaringan jalan nasional karena dokumen studi kelayakan yang diserahkan oleh Pemda Jawa Barat (Jabar) masih perlu perbaikan.

“Waktu itu tahun lalu (2015) memang sempat dibahas, hasilnya masih perlu ditajamkan, supaya waktu pembebasan tanahnya di daerah yang tepat dan sesuai,” kata Herry di Kantornya, Jakarta, Rabu (10/2).

Namun demikian, lanjut Herry, Pemerintah Daerah (Pemda) sudah bisa mulai melakukan pembebasan lahan asalkan penetapan lokasi sudah mendapat persetujuan dari Gubernur Jabar. “Proses pembebasan lahan tersebut akan dilakukan secara dua arah, dari Cileunyi dan Tasikmalaya agar prosesnya lebih cepat,” tuturnya.

Sebagaimana diketahui, kebutuhan pembangunan ruas tol sepanjang 75 km ini sudah sangat mendesak, mengingat tingkat kepadatan lalu lintas yang cukup sibuk, terlebih ketika hari libur seperti Lebaran. Sesuai kajian awal, pembangunan ruas tol itu diperkirakan membutuhkan biaya sebesar Rp6,5 triliun. Ruas tol itu juga didesain terintegrasi dengan beberapa proyek yang juga tengah dibangun di lokasi sekitarnya, seperti ruas tol Cileunyi – Sumedang – Dawuan. (Cisumdawu).

(Sigit)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: