Rem Bus Blong,2 Tewas, 62 Luka


Hanya ada di Indonesia dan negara gagal ( Afrika, Pakistan dll)Bus rem blong bisa jalan .Mana nih Dephub dan KIR

 

Tabrakan Beruntun Fatal Terjadi di Puncak, Bogor

BOGOR, KOMPAS — Kecelakaan fatal kembali terjadi di Jalan Raya Puncak, Bogor, Jawa Barat, Minggu (14/2). Kecelakaan beruntun yang melibatkan 1 bus, 1 truk, 3 mobil, dan 2 sepeda motor itu disebabkan rem blong yang mengakibatkan 2 orang tewas dan 62 orang lainnya luka-luka.

Kondisi  bus pariwisata  Mulya Sari Pratama di Unit Kecelakaan Satuan Lalu Lintas Kepolisian Resor Bogor di Ciawi, Bogor. Bus terlibat kecelakaan beruntun akibat rem bus blong di Tanjakan Selarong, Jalan Raya Puncak, Bogor, Jawa Barat, Minggu (14/2), sekitar pukul 12.00.
KOMPAS/AMBROSIUS HARTOKondisi bus pariwisata Mulya Sari Pratama di Unit Kecelakaan Satuan Lalu Lintas Kepolisian Resor Bogor di Ciawi, Bogor. Bus terlibat kecelakaan beruntun akibat rem bus blong di Tanjakan Selarong, Jalan Raya Puncak, Bogor, Jawa Barat, Minggu (14/2), sekitar pukul 12.00.

“Bus mengalami rem blong sehingga menabrak banyak kendaraan di depannya,” kata Kepala Satuan Lalu Lintas Kepolisian Resor Bogor Ajun Komisaris Bramastyo Priaji.

Bus yang mengalami rem blong itu adalah bus pariwisata PO Mulya Sari Pratama F 7575 WM. Bus mengangkut 63 warga peziarah asal Cianjur, Jawa Barat, dengan tujuan Bogor dan Jakarta.

Kecelakaan terjadi antara pukul 12.00 dan pukul 12.15 di Kilometer 72 Jalan Raya Puncak, yang biasa disebut Tanjakan Selarong, di Desa Cibogor, Megamendung, Kabupaten Bogor.

Menurut Bramastyo, akibat rem blong itu, bus hilang kendali di turunan tersebut sehingga menabrak mobil Honda City F 1078 KU di depannya. Bus itu juga menabrak mobil Toyota Kijang Innova B 1132 CGY dan Toyota Kijang Grand B 1569 EMH. Bus lalu pindah jalur dan menghantam sepeda motor Honda Beat dan Honda Supra, lalu truk berpelat nomor F 8145 VP dari arah berlawanan, Ciawi. Bus berhenti dalam posisi terguling dan menutupi satu dari dua lajur jalan.

Kepala Bagian Medis RSUD Ciawi Achmad Zaenuddin mengungkapkan, jumlah korban yang dibawa ke instalasi gawat darurat (IGD) sebanyak 64 orang. Dua orang dinyatakan meninggal, 3 orang mengalami luka berat, 5 orang luka sedang, dan 54 orang luka ringan.

KOMPAS/KOMPASTVDua orang tewas dan puluhan lainnya luka-luka dalam tabrakan beruntun yang terjadi di Kawasan Puncak, Bogor, Jawa Barat, pada Minggu (14/2) siang. Para korban luka masih dirawat di RSUD Ciawi. Hingga Senin (15/2) dini hari, 10 orang korban luka sedang dan berat harus menjalani rawat inap. Kecelakaan diduga akibat rem bus tidak berfungsi. KOMPASTV

Korban tewas adalah Barkah Maulana (45), sopir bus pariwisata tersebut. Korban tewas berikutnya ialah Iyusnia (35), sopir truk yang melaju dari bawah (arah Ciawi).

Maulana meninggal di lokasi kecelakaan. Sementara dari keterangan petugas IGD, Iyusnia meninggal saat coba diselamatkan. Kernet truk, Asep (23), yang juga adik Iyusnia, masih dalam kondisi kritis.

Seorang penumpang bus Muhammad Sarip (19) mengatakan, penumpang bus itu merupakan rombongan peziarah asal Desa Ciputri, Kecamatan Pacet, Kabupaten Cianjur. Mereka berangkat pukul 07.00. “Dalam rombongan banyak anak-anak,” katanya.

Belum jauh bus berjalan, tiba-tiba mogok. Karena itu, rombongan berganti bus. Namun, bus kedua ini juga tidak nyaman, seperti akan mogok. Di lokasi, bus lalu terasa hilang kendali dan terjadi tabrakan beruntun.

Tanjakan dengan kemiringan 30 derajat dan berkelok tajam itu merupakan satu dari lima lokasi amat rawan kecelakaan di Jalan Raya Puncak.

Di Tanjakan Selarong, pada 15 November 2014, terjadi kecelakaan fatal yang merenggut lima nyawa. Pada 16 Desember 2015, kecelakaan menewaskan tiga orang. Pada 20 Januari 2016, tabrakan beruntun juga terjadi, tetapi tidak sampai meminta korban jiwa. (BRO/C10)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: