Ahok: Saya Naik Mobil Dinas, Ngapain Beli Mobil Pribadi


Koh Ahok memang luar biasa.Coba bandingkan dengan si Lulung dan calon (bakal calon yang gubernur yang lain)

 

Selasa, 15 Maret 2016 | 20:56 WIB
Kompas.com/Alsadad RudiGubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok di Balai Kota, Kamis (10/3/2016)

JAKARTA, KOMPAS.com – Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengaku tak memiliki mobil pribadi. Oleh karenanya, dia tidak melaporkan harta bergerak berbentuk transportasi dalam Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN).

“Memang dari dulu mobil saya ada di PT. Saya enggak pernah beli mobil pribadi dari dulu, ada satu mobil sudah saya jual,” kata Basuki, di Balai Kota, Selasa (15/3/2016).

Sebagai kepala daerah, Basuki mengaku memiliki berbagai keuntungan. Salah satunya adalah mendapat kendaraan dinas. Saat ini, Basuki menggunakan mobil dinas bermerek Toyota Land Cruiser berpelat nomor B 1966 RFR.

“Naik aja mobil dinas, dari Pemda. Ngapain beli mobil? Rugi dong, penyusutan,” kata Basuki.

Di sisi lain, Basuki menyebut pelaporan harta kekayaan melalui LHKPN wajib dilakukan. Setiap pejabat, kata dia, harus rutin melaporkan harta kekayaannya. Baik ketika dilantik maupun turun jabatan.

“Makanya saya termasuk yang rajin laporkan LHKPN tiap tahun. Wagub berhenti naik ke Gubernur lapor LHKPN, (Gubernur) sudah jalan setahun lapor (LHKPN),” kata Basuki.

Basuki memperbarui laporan harta kekayaannya pada 21 November 2014. Berdasarkan data yang diakses dari situs acch.kpk.go.id, total harta kekayaan Basuki yang dilaporkan ke Komisi Pemberantasan Korupsi sebesar Rp 21.302.079.561 dan 3.749 dollar AS.

Kekayaan Basuki yang dilaporkan ialah harta tidak bergerak berupa tanah dan bangunan yang totalnya senilai Rp 15.050.480.000. Tanah dan bangunan sebanyak 13 petak itu tersebar di Belitung Timur dan Jakarta Utara. Sementara itu, harta bergerak berupa transportasi, nihil.

Basuki juga melaporkan logam mulia senilai Rp 650 juta yang didapat dari hasil sendiri dan hibah. Adapun surat berharga dari investasi yang dilaporkan Basuki senilai Rp 2,595 miliar.

Selain itu, giro dan setara kas lainnya yang tercantum sebesar Rp 2.939.592.240 dan 3.749 dollar AS. Ahok juga ada piutang berbentuk pinjaman uang sebesar Rp 67.008.321. (Baca: Maju lewat Jalur Independen, Ini Harta Kekayaan Ahok yang Dilaporkan)

Penulis : Kurnia Sari Aziza
Editor : Fidel Ali

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: