Dana diduga juga Mengalir ke Pejabat Kementerian


DPR RI itu kumpulan predator uang rakyat ! Geram dan murka lihat kualitas anggota DPR sejak reformasi . DPR Senayan hanya dihuni oleh : artis tidak laku, predator APBN, calo. pecandu narkoba (ivan hazz) dan koruptor ( papa minta saham). Sekarang presiden Joko lagi memacu pembangunan infrastruktur salah salah bisa membuat anggota DPR makin sejahtera saja dan rakyat harus membayar cicilan hutang luar negeri Indonesia ..
Laporan Utama
Senin, 21 Maret 2016

 Dana diduga juga Mengalir ke Pejabat Kementerian

JAKARTA – Aliran dana suap dalam proyek infrastruktur di Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat mengalir ke kantong banyak orang. Menurut dokumen yang diketahui Tempo, bos konstruksi PT Windu Tunggal Utama, Abdul Khoir, dan kontraktor lain, mengucurkan dana setidaknya Rp 24,28 miliar kepada anggota Komisi Infrastruktur DPR serta pejabat di lingkungan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Dana dari kontraktor itu mengalir tidak hanya ke dua anggota Komisi V DPR yang sudah menjadi tersangka dalam kasus suap Khoir, yaitu politikus PDI Perjuangan Damayanti Wisnu Putranti dan politikus Golkar Budi Supriyanto. Dana sekitar Rp 15,67 miliar diduga juga mengucur ke seorang pejabat di lingkungan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Komisi Pemberantasan Korupsi menyatakan sedang mengusut aliran dana kepada anggota Komisi V DPR lainnya dan pejabat di Kementerian Pekerjaan Umum tersebut. “Penyidik sudah memiliki planning untuk itu tanpa mengesampingkan kehati-hatian soal penyertaan dan berperan sebagai apa mereka dalam kasus tersebut,” kata Wakil Ketua KPK Saut Situmorang saat dimintai konfirmasi oleh Tempo, kemarin.

Khoir dan kontraktor lainnya diketahui mengeluarkan uang miliaran rupiah agar bisa mendapatkan proyek-proyek di bidang jasa konstruksi yang dibiayai dari dana aspirasi DPR di Provinsi Maluku yang dicairkan melalui Kementerian Pekerjaan Umum. Pada 2016, di wilayah II Maluku, akan ada 19 paket pekerjaan yang terdiri atas 14 jalan dan 5 jembatan.

Dalam kasus ini, KPK telah menetapkan sejumlah tersangka-selain Damayanti dan Budi. Mereka adalah Abdul Khoir, sebagai penyuap; serta dua asisten Damayanti, Julia Prasetyarini alias Uwi dan Dessy A. Edwin, yang diduga sebagai perantara suap. Khoir, Damayanti, Julia, dan Dessy ditangkap saat transaksi suap pada pertengahan Januari lalu. Suap diduga diberikan untuk memenangkan pengerjaan proyek infrastruktur itu.

Berbeda dengan keempatnya, Budi ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK pada 2 Maret lalu. Dia dijemput secara paksa dan akhirnya ditahan pada 15 Maret lalu karena dua kali mangkir dari pemeriksaan. Pengacara Budi, Iwan Gunawan, mengakui aliran dana ke kliennya. “Iya benar, tapi bukan dari Abdul Khoir,” ujarnya, kemarin. Duit ke Budi sebesar Sin$ 305 ribu diserahkan oleh Uwi. Uwi tak lain adalah sapaan Julia Prasetyarini, asisten Damayanti.

Menurut dokumen tersebut, di luar Damayanti dan Budi Supriyanto, dana lain juga mengalir ke kolega mereka di Komisi V DPR dengan jumlah yang juga cukup besar, yaitu Rp 6,7 miliar dan Rp 8 miliar. Sedangkan dana yang mengucur ke pejabat di lingkungan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat sekitar Rp 15,67 miliar, yang diberikan secara bertahap.

Pengacara Abdul Khoir, Khaeruddin Masarro, tak mau berkomentar banyak soal informasi yang diperoleh Tempo. Khaeruddin hanya mengatakan, “Selain Budi, ada anggota lain yang juga menerima aliran suap dari Khoir.”

Kepala Biro Komunikasi Publik Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Velix Wanggai belum bisa dimintai konfirmasi soal aliran dana ini. Saat dihubungi Tempo lewat telepon, ia belum menjawab. Pesan pendek yang dikirim Tempo juga belum dibalas. REZA ADITYA | MITRA TARIGAN | ABDUL MANAN

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: