Pusat Unggulan Kelapa Dirintis Pembenihan Topang Produksi


Buset baru sekarang !

EKONOMI > SEKTOR RIIL > PUSAT UNGGULAN KELAPA DIRINTIS

Pusat Unggulan Kelapa Dirintis

Pembenihan Topang Produksi

JAKARTA, KOMPAS ā€” Negara-negara produsen kelapa yang tergabung dalam Asian and Pacific Coconut Community akan merintis pusat unggulan bibit kelapa. Mereka juga akan membentuk komite yang bertugas menjamin kualitas produk turunan kelapa.

Hal itu mengemuka dalam sidang pertemuan Asian and Pacific Coconut Community (APCC) di Jakarta, 23-26 Mei. Selain Indonesia, pertemuan dihadiri negara-negara anggota APCC, yaitu Federasi Mikronesia, Fiji, India, Kiribati, Kepulauan Marshall, Malaysia, Papua Niugini, Filipina, Samoa, Kepulauan Solomon, Sri Lanka, Tonga, Thailand, Kenya, dan Jamaika.

Ketua Sidang APCC Denny Kurnia, kepada Kompas, Rabu (25/5), mengatakan, fokus dari pusat unggulan bibit kelapa tersebut adalah kerja sama pengembangan bakal bibit kelapa dari sisi sumber daya genetik. Pengembangan bakal bibit tersebut dilakukan untuk mengatasi persoalan utama negara-negara produsen kelapa, yaitu bahan baku.

“Produksi dan produktivitas kelapa masih kurang, padahal permintaan kelapa dan produk turunannya melonjak tajam. Melalui pusat unggulan bibit kelapa, diharapkan dapat menghasilkan bibit-bibit kelapa yang menjadi kunci persoalan itu,” tuturnya.

Menurut Denny, selama ini kerja sama di bidang tersebut masih sulit. Ini karena setiap negara anggota APCC lebih mengedepankan pengembangan bibit secara mandiri. Kendati demikian, APCC terus mendorong terwujudnya pusat unggulan bibit kelapa dengan menawarkan kemudahan akses bibit dan berbagi keuntungan.

Sebuah organisasi internasional bernama Cogent (The Coconut Genetic Resources Network) bersedia memfasilitasi kerja sama itu. Salah satunya dengan mencatat secara rinci hak dan kewajiban negara-negara anggota APCC yang saling bertukar gen.

“APCC juga terus mendorong setiap negara untuk mengembangkan bibit kelapa khas negara masing-masing. APCC juga membentuk komite uji klinis perihal manfaat minyak kelapa dan produk turunan kelapa bagi kesehatan. Hal ini dilakukan seiring permintaan di sektor itu yang meningkat,” ujarnya.

Direktur Eksekutif APCC Uron N Salum mengemukakan, APCC sedang menggalakkan penanaman kelapa, baik di lahan baru maupun di lahan lama, untuk menopang keberlanjutan industri kelapa. Hal itu perlu dilakukan karena permintaan dari Amerika Serikat (AS) dan Eropa terus meningkat.

“Pasar produk turunan kelapa di AS saat ini sebesar 52 persen, sedangkan Eropa sebesar 36 persen. Kami berharap setiap negara anggota APCC memiliki kebijakan nasional yang menopang industri kelapa berkelanjutan,” ujarnya.

Menopang produksi

Beberapa waktu lalu, peneliti Balai Penelitian Tanaman Palma, Ismail Maskromo, mengatakan, pembenihan kelapa di Indonesia perlu didorong untuk menopang produksi. Begitu juga pengembangan pemuliaan bakal bibit kelapa penopang produktivitas.

“Sudah banyak petani kelapa yang memproduksi bibit sendiri. Balai Penelitian Tanaman Palma juga memproduksi bibit kelapa rata-rata 300.000 pohon per tahun. Jumlah itu masih belum bisa memenuhi permintaan bibit kelapa nasional,” kata Ismail.

Menurut dia, pemerintah dan swasta perlu membantu petani dalam upaya membudidayakan kelapa. Mereka juga bisa memetakan potensi kelapa dan produk turunan kelapa di setiap daerah di Indonesia.

Di wilayah pantai selatan Jawa, banyak petani yang memanfaatkan kelapa untuk membuat gula nira. Di pesisir utara Jawa, antara lain di Pati (Jawa Tengah), petani dan warga setempat mengelola dan membudidayakan kelapa kopyor.

“Pemberdayaan petani sangat penting, terutama untuk memberi nilai tambah terhadap kelapa. Gula nira dan olahan kelapa kopyor harganya lebih tinggi ketimbang butir kelapa,” ujar Ismail.

Berdasarkan data Himpunan Industri Pengolahan Kelapa Indonesia, total ekspor kelapa Indonesia pada 2015 sebesar 219,01 juta dollar AS. (HEN)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: