Cilitink, Batik Air dan Lion Air Akhirnya Bisa Terbang ke Eropa


Rini Friastuti – detikNews

Foto: Thinkstock

Jakarta – Uni Eropa akhirnya mencabut pelarangan 3 maskapai milik Indonesia untuk terbang ke negara-negara di benua Eropa. Ketiga maskapai tersebut yakni Citilink, Lion Air dan Batik Air, yang diperbolehkan terbang ke Eropa setelah lolos uji standar keselamatan.

“Komisi Uni Eropa memutuskan untuk mencabut Batik Air, Citilink dan Lion Air dari daftar maskapai tak layak terbang ke Eropa,” demikian dalam siaran pers Uni Eropa, Kamis (16/6/2016).

Selain 3 maskapai dari Indonesia, dua maskapai dari negara lain juga dikeluarkan dari daftar hitam keamanan penerbangan Uni Eropa. Maskapai tersebut adalah Air Madagascar dan seluruh maskapai penerbangan bersertifikat dari Zambia. 

“Dengan tambahan hampir seluruh pesawat milik Iran Air diperbolehkan untuk melanjutkan  ke negara Uni Eropa,” jelas siaran pers tersebut.

Walaupun begitu masih ada 216 maskapai penerbangan yang berada dalam daftar hitam (blacklist) Uni Eropa. Pelarangan dikarenakan kurangnya pengawasan keamanan di negara masing-masing. Dalam 216 daftar tersebut juga masih tercantum beberapa maskapai asal Indonesia seperti Sriwijaya Air hingga Pelita Air, dikarenakan masih belum memenuhi standar keamanan penerbangan Uni Eropa.

Baca juga: Hanya 4 Maskapai RI yang Boleh Terbang ke Eropa, Ini Penjelasannya

Pada 2015 lalu, Komite Keselamatan Udara Uni Eropa baru mengeluarkan daftar maskapai dunia yang boleh terbang ke kawasan Uni Eropa. Dari audit tersebut, baru 4 maskapai penerbangan asal Indonesia yang boleh terbang ke Benua Eropa seperti Garuda Indonesia, Indonesia AirAsia, Airfast Indonesia, dan Premi Air. Sedangkan puluhan maskapai lainnya masih dilarang terbang ke wilayah udara Uni Eropa karena alasan keselamatan. 

Keempat maskapai yang lolos tersebut sebelumnya telah diajukan oleh Kemenhub ke otoritas Uni Eropa. Setelah menjalani proses audit, Otoritas Uni Eropa menyatakan keempat maskapai tersebut lolos standar keselamatan. Hasil audit Uni Eropa merujuk pada hasil audit International Civil Aviation Organization (ICAO).(rni/miq)

Share:

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: