Indeks logistik RI di dunia turun 10 level


Dodol aja.. sudah 2 tahun tanpa arah dari Presiden “raja kodok” nggak heran  indeks bukan naik malahan turun.  Presiden ini memilih pembantunya saja salah.. Dari kabinet sebelum pergantian menteri yang sungguh sungguh bekerja untuk perbaikan mungkin hanya 3 orang : Sudirman Said, Jonan dan ibu Susi. Yang dicopot dulu malahan Jonan.. kenapa bukan Rini S , Puan Maharani dan gerombolan menteri dari PKB ( apa yah presitasi mereka ???)

 

Dari Kontan online.

Indeks logistik RI di dunia turun 10 level

  • Kebijakan Kemhub bikin rugi bisnis logistik

Jakarta. Menteri Koordinator (Menko) Perekonomian, Darmin Nasution menyampaikan Logistic Performance Index (LPI) Indonesia yang dirilis oleh World Bank turun 10 tingkat. Saat ini Indonesia menempati urutan ke 63 dari 163 negara.

Darmin mengaku penurunan LPI Indonesia bukan disebabkan tidak adanya perbaikan arus logistik Indonesia. Menurutnya itu disebabkan negara-negara lebih cepat melakukan perubahan arus logistiknya. “ILP kita dalam dua tahun terkahir turun, namun itu bukan berarti tidak ada perbaikan,” unjar Darmin di Kantor Kemenko Perekonomian, Kamis (4/8).

Dia juga mengatakan bukan hanya Indonesia yang penilaian LPI turun, melainkan seluruh negara Asia Tenggara kecuali Singapura juga mengalami penurunan indeks. Menurutnya salah satu yang menyebabkan turunnya indeks logistik Indonesia adalah infrastruktur yang masih ketinggalan jauh dengan negara lain. “Perbaikan infrastruktur kita masih belum cukup memadai,” ungkapnya.

Adapun Peringat ILP di Asia Tenggara yaitu Singapura yang duduk di peringkat 5 ILP, disusul Malaysia (32) dan Thailand (45). Kemudian Indonesia (63) disusul Vietnam (64), Brunei Darussalam (70), Filipina (71), Kamboja (73), Myanmar (113), dan Laos (152).

Pada penilaian ILP, Bank dunia memakai 6 komponen indikator yaitu bea cukai, infrastruktur, pengiriman barang internasional, kualitas dan komponen logistik, pencarian barang dan ketepatan waktu. “Untuk bea cukai kita cukup baik,” katanya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: