Biaya Proyek Kereta Cepat China Tehran-Isfahan Lebih Murah Dari Jakarta-Bandung


 

Kereta cepat Jakarta Bandung bakalan senasib dengan Jakarta Monorel yang akan menyisakan puing, rongsokan dan kerusakan lingkungan

EKBIS SENIN, 25 JANUARI 2016 , 10:38:00 WIB | LAPORAN: WIDYA VICTORIA

Biaya Proyek Kereta Cepat China Tehran-Isfahan Lebih Murah Dari Jakarta-Bandung
RMOL. Iran telah mulai mengerjakan proyek kereta cepat senilai Rp 2,73 miliar dolar AS, yang akan menempuh jarak tempuh 400 kilometer dari ibukota Tehran menuju kota Isfahan.

Jalur kereta api tersebut dibangun oleh China Railway Engineering Corporation yang bekerja sama dengan perusahaan konstruksi Iran, Khatam Al Anbia. Proyek ini diperkirakan rampung pada empat tahun ke depan, demikian laporanTradearabia.Com mengutipTehran Times, yang dipantauKantor Berita Politik RMOL di Jakarta (Senin, 25/1).

KA cepat rute Tehran-Isfahan dirancang bisa melesat dengan kecepatan 350 km per jam.

Presiden Hassan Rouhani secara resmi mengumumkan proyek itu saat mengunjungi kota Qom, di mana lokasi antara Tehran dan Isfahan.

Proyek kereta cepat ini akan menghemat 550 miliar riyal atau sekitar 20 miliar dolar AS konsumsi bahan bakar minyak setiap tahunnya.

Bank Industri dan Pertambangan Iran akan menyiapkan 1,8 miliar dolar AS dari total pembiayaan melalui China Export and Credit Insurance Corporation (Sinosure) untuk proyek tersebut.

Proyek kereta cepat di Indonesia juga tengah dimulai dengan mengambil rute Jakarta-Bandung sejauh 142 kilometer. Pembangunan kereta cepat ini akan memakan biaya 5,5 miliar dolar AS.

Muncul pertanyaan di sementara kalangan apakah adamark up dalam proyek kereta rute Jakarta-Bandung? mengingat jarak tempuh kereta cepat rute Tehran-Isfahan lebih jauh, yakni mencapai 400 km.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: