Rudal China duh.. – TNI AL- Jokowi


Miris, sedih, prihatin.. sudah tahu kualitas persenjataan dari Negeri Tirai Bambu.. macam Motor China dan bus Zong Tong  ehhh masih dibeli pula.. Semoga tidak ada permainan (kick back) dari si pabrik rudal China..

 

Jokowi Pimpin Langsung Penembakan Rudal Buatan China, Hasilnya Ternyata Hanya Begini

Rabu, 14 September 2016 21:01
Jokowi Pimpin Langsung Penembakan Rudal Buatan China, Hasilnya Ternyata Hanya Begini
surya/nuraini faiq
Presiden Joko Widodo hanya menyengir saksikan rudal buatan China gagal ditembakkan dengan sempurna.

SURYA.co.id | SURABAYA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) datang langsung dalam Latihan Perang Armada Jaya ke-34 di Perairan Banongan Situbondo Jatim, Rabu (14/9/2016). Dia ingin mengukur keandalan dan kekuatan alutsista TNI AL.

Dengan menaiki KRI Banjarmasin, Jokowi juga memimpin langsung latihan perang melibatkan 79 KRI dan seluruh alutsistamilik matra laut tersebut.

Jokowi bahkan yang mengetes langsung alat strategis Rudal C705 dengan memimpin penembakan rudal China ini.

Meski dia hanya tersenyum saat komandan dan aba-aba tembak rudal dari dirinya gagal terealisasi. Rudal ini mengalami delay saat ditembakkan dari atas KRI Celurit.

“Latihan seperti ini harus dilakukan. Untuk mencoba senjata-senjata strategis yang kita miliki. Mulai roket meriam, roket antiradar, hingga rudal,” kata Jokowi kepada SURYA.co.id.

Tanpa latihan rutin seperti ini, kemampuan alutsista dan senjata-senjata strategis yang dimiliki tak bisa diukur. Semua Sistem Senjata Armada Terpadu (SSAT) harus diukur. Yakni Kapal Perang, Pesawat Udara, Marinir, dan Pangkalan. Termasuk di dalamnya adalah persenjataan strategis.

Jokowi menghendaki latihan perang itu rutin digelar. Dia mengimpikan agar semua persenjataan strategis dan sistem persenjataan TNI tak kalah dengan negara lain.

Meski diakui saat ini masih mendatangkan senjata dari China, pada saatnya nanti negeri sendiri harus mampu membuat. Jokowi yakin dengan kemampuan negeri ini.

“Kita tak boleh hanya membeli. Tapi juga harus mempelajari senjata-senjata strategis ini. Industri strategis juga kalau memiliki kemampuan harus kita dorong demi kemandirian bangsa,” kata Jokowi.

Penulis: Nuraini Faiq

Rudal Rp 20 Miliar dari Tiongkok Terlambat Meledak, Ini Reaksi Petinggi TNI AL

Rabu, 14 September 2016 20:13
Rudal Rp 20 Miliar dari Tiongkok Terlambat Meledak, Ini Reaksi Petinggi TNI AL
nuraini faiq
Presiden Jokowi saat ngobrol dengan Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmanyo dan KASAL Laksamana TNI Ade Supandi.

SURYA.co.id | SITUBONDO –  TNI AL akan mengevaluasi rencana kontrak militer dengan China atau Tiongkok menyusul penembakan rudal C705 yang mengalami delay 5 menit.

TNI AL berencana membeli rudal dengan jarak jelajah hingga 140 Km ini. Harganya kira-kira Rp 20 miliar.

Apakah rencana itu akan digagalkan?

Direktur Latihan Perang Armada Jaya XXXIV/2016, Laksamana Muda TNI Tri Wahyudi menyatakan akan mengevaluasinya.

“Kami belum beli masih kami ujicobakan,” katanya di atas geladak KRI Banjarmasin, Perairan Banongan, Situbondo, Jatim, 14 September 2016.

Dia mengakui ada keterlambatan dalam peluncuran rudal impor itu. Apakah ada masalah teknis atau masalah komunikasi data. Pihaknya mengakui akan mengevaluasinya

Keterlambatan rudal menembakkan sasaran itu dalam hitungannya sampai lima menit. Artinya jika alat strategis ini membidik sasaran, objek sasaran sudah berlalu.

Rudal dengan daya ledak mampu menghancurkan sasaran seberat 1.500 ton ini baru diujicobakan pertama di Perairan Banongan Situbondo ini.

“Idealnya hari ini diujicobakan untuk memastikan. Namun karena ada latihan Armada Jaya sekalian dipastikan saat latihan ini,” kata Tri.

Rudal ini juga akan kembali diujicobakan saat Latihan Armada Jaya kembali berlanjut di pantai Banongan.

Akan ada simulasi pengamanan wilayah ini yang rencananya juga melibatkan rudal tersebut.

Sebagai penanggung jawab latihan, pihaknya akan mengecek dan mengevaluasi kembali kenapa sampai delay 5 menit rudal saat ditembakkan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: