KPK Isyaratkan Periksa Gamawan Fauzi


Kok baru sekarang ya.. lama amat ..
Koran Tempo..
SENIN, 03 OKTOBER 2016

 KPK Isyaratkan Periksa Gamawan Fauzi

JAKARTA – Komisi Pemberantasan Korupsi mengisyaratkan akan memeriksa mantan Menteri Dalam Negeri, Gamawan Fauzi, dalam kaitan dengan kasus dugaan korupsi proyek kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP). Wakil Ketua KPK Alexander Marwata mengatakan pemanggilan Gamawan akan diputuskan penyidik komisi antirasuah itu. “Berdasarkan urgensi dan relevansi keterangan yang ingin digali dari saksi,” kata Alex, kepada Tempo, kemarin.

Gamawan dituding terlibat dalam kasus korupsi proyek e-KTP yang dilakukan bekas Bendahara Umum Partai Demokrat, M. Nazaruddin. Proyek e-KTP bergulir saat Gamawan menjabat Menteri Dalam Negeri pada 2011-2012, dengan nilai proyek mencapai Rp 5,8 triliun. Berdasarkan hitungan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP), jumlah kerugian negara dalam kasus tersebut diperkirakan mencapai Rp 2 triliun. Namun, hingga saat ini, Gamawan belum pernah diperiksa KPK.

Setelah diperiksa KPK pada Kamis pekan lalu, Nazaruddin, yang juga terpidana perkara korupsi wisma Atlet SEA Games 2011, menuding Gamawan mendapat duit dari proyek e-KTP. “Masalah mark-up tentang proyek e-KTP, uangnya mengalir ke (bekas Direktur Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil Kementerian Dalam Negeri) Irman, lalu ke (bekas) Menteri Dalam Negeri,” tutur dia.

Dalam kasus tersebut, KPK telah menetapkan Irman dan Sugiharto, bekas Direktur Pengelola Informasi Administrasi Kependudukan Direktorat Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri, sebagai tersangka.

Jumat lalu, pelaksana harian Kepala Biro Humas KPK, Yuyuk Andriati Iskak, menuturkan, sebagai Direktur Jenderal Dukcapil, Irman diduga menggelembungkan harga dalam proyek e-KTP. Yuyuk memastikan Irman bukan tersangka terakhir dalam kasus e-KTP. “Penyidik mengatakan masih banyak pihak yang akan digali terkait dengan kasus ini,” kata dia.

Koordinator Indonesia Corruption Watch (ICW) Adnan Topan Husodo meminta KPK segera memeriksa Gamawan. Menurut dia, keterangan dari Gamawan sangat dibutuhkan agar penyidik bisa mendalami dan melihat konstruksi kasus tersebut secara utuh.

“Proyek e-KTP dimulai saat Gamawan menjadi Mendagri. Jadi keterangannya tentu sangat dibutuhkan. Penyidik bisa menggali lebih dalam dan mengumpulkan fakta baru terkait dengan kasus itu. ICW mendesak KPK agar segera menuntaskan kasus tersebut. “Sebaiknya pimpinan periode sekarang bisa menyelesaikan kasus ini agar berfokus pada kasus lain.”

Gamawan belum dapat dimintai konfirmasi. Telepon selulernya tak aktif. Saat ia masih menjabat Menteri Dalam Negeri, Gamawan kerap membantah tudingan tersebut. Ia juga mengaku siap jika dipanggil KPK sebagai saksi. “Siapa pun warga negara, pasti siaplah. Jadi menteri atau tidak, kalau ada masalah-masalah hukum, memang harus menghormati,” ujar dia pada 24 April 2014.MUHAMMAD RIZKI

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: