Barata Indonesia Gandeng Perusahaan Asal Finlandia Garap Pembangkit Listrik


Knapa nggak bikin mesin diesel buat kapal laut pak ? Sampai sekarang Indonesia belum bisa membuat mesin diesel sendiri.. semua impor utuh.. Ngarep lokal konten paling cuman dikasih untuk buat packing doang.. Coba investasi dong buat pabrik yang serius !
Minggu 23 Oct 2016, 16:54 WIB

Ardan Adhi Chandra – detikFinance
Barata Indonesia Gandeng Perusahaan Asal Finlandia Garap Pembangkit ListrikIlustrasi Foto: Lamhot Aritonang
Jakarta – PT Barata Indonesia (Persero) melakukan penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) dengan Wartsila Energy Solutions, perusahaan multinasional yang berbasis di Finlandia, bergerak di bidang manufaktur & perawatan peralatan industri energi dan maritim.

Kedua perusahaan sepakat untuk melakukan kerja sama di bidang pembangkit tenaga listrik tipe fixed, modular maupun barged mounted serta LNG Storage & regasificationterminals, di mana Barata sebagai koordinator penyedia lokal konten akan bersama PINDAD, PAL dan BBI.

MOU tersebut ditandatangani oleh Direktur Utama PT Barata Indonesia (Persero) Silmy Karim, serta Javier Cavada, President Wartsila Energy Solutions.

Kesepakatan ini dilakukan untuk mendukung Program Pemerintah dalam membangun pembangkit listrik 35.000 MW, di mana Wartsila merupakan salah satu perusahaan yang bekerja sama dengan PLN.

Direktur Utama Barata Indonesia, Silmy Karim menyampaikan, kerja sama dengan multinasional besar seperti Wartsila ini merupakan langkah antisipasi dan mempersiapkan Barata yang sudah ditugaskan pemerintah untuk meningkatkan local content dari pembangunan pembangkit listrik di Indonesia.

“Kementerian BUMN telah menunjuk Barata sebagai koordinator dalam peningkatan dan pemenuhan local contentproyek dalam proyek pembangkit listrik PLN di Indonesia. Di samping itu, kami juga mengapresiasi PLN yang juga mendukung kebijakan local content Pemerintah,” imbuh Silmy dalam keterangan resminya, Minggu (23/10/2016).

Pemerintah melalui Kementerian Perindustrian telah menetapkan kebijakan TKDN Kelistrikan yang harus dianut oleh semua pelaku industri kelistrikan di tanah air. Hal tersebut diperkuat oleh amanah yang disampaikan olek Menteri BUMN agar local content berangsur meningkat hingga 75%.

Kesepakatan yang dibuat kali ini juga berkaitan dengan kompetensi lain Barata yaitu di bidang minyak dan gas. Kemampuan Barata dalam hal pembangunan tanki penyimpanan baik yang bertekanan maupun tidak telah banyak digunakan oleh pelaku minyak & gas di tanah air. Kerja sama dengan Wartsila juga akan memantapkan kompetensi Barata di bidang tersebut. (drk/drk)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: