DPR Usulkan BUMN Khusus Tangani Panas Bumi


asli sayah gagal paham alur berpikirnya anggota DPR. BUMN lagi dalam proses dirampingkan.. eh. bocah bocah senayan ini malah usul bikin BUMN lagi.. sedeng!

BUMN makin tambun adalah anjang untuk “bagi bagi jatah ” dan bancakan partai politik pendukung rejim.. brengsek ! BUMN makin banyak berbanding terbalik dengan kesejahteraan  rakyat Indonesia.. BUMN hanya membuat sejahtera direksi dan komisioner ( yang diwakili oleh kawan presiden dan elit parpol)!

 

Pipa Gas/Dok.PR

JAKARTA, (PR).- Pimpinan DPR melakukan pertemuan dengan 5 kementerian terkait geothermal di Kompleks Parlemen, Senayan, Senin, 24 Oktober 2016. Pertemuan itu juga menghasilkan rekomendasi agar ada Badan Usaha Milik Negara khusus geothermal.

Lima kementerian yang bertemu dengan pimpinan DPR RI itu berasal dari Kementerian Energi Sumber Daya Mineral, Kementerian BUMN, Kementerian Keuangan, Bappenas, Kementerian Riset dan Pendidikan Tinggi. Menteri yang hadir dalam pertemuan itu adalah Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro dan Menristekdikti Muhammad Nasir.

Wakil Ketua DPR RI Agus Hermanto mengatakan, selama ini tercatat ada dua perusahaan yang bergerak di sektor geothermal, yakni PT Pertamina Geothermal Energy dan PT Geo Dipa Energi. Selama ini pengelolaan panas bumi dianggap belum fokus sehingga diusulkan untuk diadakan BUMN yang dibentuk khusus menangani panas bumi.

“Mekanismenya nanti bisa jadi gabungan antara antara Pertamina Geothermal dan Geo Dipa dan anak perusahaan dari PLN yang baru akan mulai bergerak di sektor panas bumi,” katanya seusai pertemuan.

Dia menambahkan, usulan pembentukan BUMN khusus geothermal adalah untuk peningkatan produksi energi panas bumi. Realisasi hasil produksi geothermal saat ini masih kecil dibandingkan potensinya. Sementara pada saat bersamaan, Presiden Joko Widodo memiliki program membangun pembangkit listrik dalam 5 tahun sebanyak 35.000 megawatt.

Dia menyebutkan, saat ini kapasitas industri geothermal yang termanfaatkan baru dalam kisaran 5%. Pembentukan BUMN khusus geothermal dianggapnya sebagai bentuk dorongan kepada pemerintah agar ada pengelolaan khusus dalam peningkatan kapasitas geothermal.

“Kita tidak bisa terus fokus kepada energi fosil yang lama-lama bisa habis. Sementara untuk target pemerintah yang ada di nawacita, yakni kapasitas listrik 35.000 MW harus didukung, dan dukungan itu pastinya dari geothermal,” kata dia.***

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: