Medco mengakuisisi saham Conoco Philips


AKSI KORPORASI

Medco Mengakuisisi Saham ConocoPhillips

JAKARTA, KOMPAS — Perusahaan swasta nasional PT Medco Energi Internasional Tbk menuntaskan akuisisi ConocoPhillips Indonesia Inc Ltd dan ConocoPhillips Singapore Operations Pte Ltd di South Natuna Sea Block B, Provinsi Kepulauan Riau. Keputusan tersebut dinilai strategis di tengah iklim investasi hulu migas yang lesu.

ConocoPhillips Indonesia Inc Ltd dan ConocoPhillips Singapore Operations Pte Ltd adalah anak perusahaan ConocoPhillips, perusahaan asal Amerika Serikat di sektor migas. Di South Natuna Sea Block B, perusahaan ini mendapat hak kelola sejak 1968 dan berproduksi pertama kali pada 1979. ConocoPhillips merupakan operator dengan kepemilikan saham 40 persen, sedangkan sisanya dimiliki Inpex (35 persen) dan Chevron (25 persen).

Pengamat energi dari Universitas Trisakti Jakarta, Pri Agung Rakhmanto, mengatakan, keputusan Medco mengakuisisi ConocoPhillips di South Natuna Sea Block B sangat strategis. Sebab, blok yang diakuisisi tersebut adalah blok yang sudah berproduksi. Risiko investasi di blok tersebut menjadi lebih terkontrol.

“Bagi Medco, keputusan tersebut sangat strategis. Di tengah iklim investasi yang lesu, mereka mampu memanfaatkan peluang dengan baik,” ujar Pri Agung, Jumat (18/11), di Jakarta.

Berdasarkan data Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas), produksi minyak mentah di South Natuna Sea Block B sebanyak 19.800 barrel per hari. Adapun produksi gas di blok tersebut 40.300 barrel setara minyak per hari.

Dalam keterangan resmi yang diterima Kompas, CEO Medco Energi Internasional Roberto Lorato menyebutkan, setelah akuisisi tuntas, prioritas perusahaan saat ini mempertahankan keamanan operasi dan keberlangsungan usaha. Medco juga berkomitmen mempertahankan struktur organisasi dan melanjutkan rencana pengeboran pada tahun depan.

Direktur Utama Medco Energi Internasional Hilmi Panigoro menyampaikan, aksi korporasi ini merupakan langkah kedua terbesar tahun ini. Sebelumnya, Medco Energi Internasional mengakuisisi penuh PT Newmont Nusa Tenggara, perusahaan tambang tembaga dan emas di Nusa Tenggara Barat, senilai 2,6 miliar dollar AS.

“Medco akan mendapat kemampuan operasi minyak dan gas lepas pantai terintegrasi kelas dunia, serta memperkuat posisi sebagai perusahaan energi dan sumber daya alam independen di Indonesia,” ujar Hilmi. (APO)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: