Ma’ruf Amin: Mungkin Ada Demo Lagi


MUI mau demo sampe lebaran kuda ??
LAPORAN UTAMA
SABTU, 03 DESEMBER 2016

 Ma'ruf Amin: Mungkin Ada Demo Lagi

JAKARTA – Ratusan ribu pengunjuk rasa memenuhi kawasan Monumen Nasional dan sekitarnya, di Jakarta, kemarin. Semua tokoh yang tergabung dalam Gerakan Nasional Pengawal Fatwa Majelis Ulama Indonesia (GNPF-MUI) hadir. Mereka menggelar doa dan ibadah salat Jumat.

Di tengah guyuran hujan, Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla ikut salat Jumat bersama massa. Presiden kemudian memberikan sambutan. “Saya mengucapkan terima kasih karena aksi berjalan damai.” Ucapan Jokowi itu kemudian disambut teriakan massa agar Gubernur DKI Jakarta nonaktif, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, ditangkap.

Kepada Egi Adyatama dari Tempo, Ketua MUI Ma’ruf Amin juga meminta agar Ahok, tersangka penistaan agama, ditahan. “Kalau tak sesuai dengan aspirasi masyarakat, Pak Ahok tidak ditahan, mungkin sekali (ada aksi lanjutan).”

Presiden Joko Widodo datang dalam aksi damai di Monas. Apa komentar Anda?

Kami sangat bahagia Presiden bisa hadir. Berarti Presiden bisa memahami aspirasi masyarakat dan percaya bahwa ini tak akan ada kerusuhan. Ini betul-betul super-damai. Saya kira ini peristiwa besar. Demonstrasi dihadiri Presiden dan tak terjadi apa-apa, semuanya berjalan bagus. Ini menunjukkan awal dari kekompakan nasional. Artinya, persatuan bangsa bisa lebih bagus ke depan.

 

Kapolri Jenderal Tito Karnavian berjanji mengawal kasus dugaan penistaan agama yang menjerat Ahok….

Itu artinya beliau akan mengawal. Sama dengan aspirasi kami, majelis ulama dan masyarakat. Semuanya bukan hanya ingin mengawal, tapi ingin keadilan ditegakkan sesuai dengan hati nurani dan aspirasi masyarakat.

 

Apakah pernyataan Tito itu cukup memuaskan bagi ulama dan masyarakat?

Untuk sementara, cukup. Tapi masih perlu kami lihat pengawalan (kasus) seperti apa.

 

Apakah ada rencana demo lanjutan?

Tentunya yang punya gerakan GNPF. Kalau MUI, kan lembaga ulama dan tak punya anggota. Mereka akan menunggu hasilnya seperti apa. Kalau hasilnya mengecewakan, masih sangat mungkin (ada demo lanjutan).

 

Mengecewakan seperti apa?

Artinya, tak sesuai dengan aspirasi masyarakat, rasa keadilan masyarakat. Pak Ahok tidak ditahan, tidak dijadikan terdakwa. Mungkin sekali (ada aksi lanjutan). Sekarang kasus penistaan sudah dilimpahkan ke kejaksaan dan pengadilan. Tinggal pengawasan di sana.Apakah ada komunikasi dengan pihak lain terkait dengan aksi lanjutan?

 

Saya kira yang pertama pengawasan. Kalau hasilnya memuaskan, ya, tidak akan ada aksi.Pengawasannya seperti apa?

Mengawal, mengikuti, mencermati proses hukum.

 

Apa kesan Anda ihwal demonstrasi yang berjalan damai meski diguyur hujan?

Itulah semangat yang murni. Karena panggilan agamanya, panggilan hati nurani. Ini suatu keikhlasan yang luar biasa. Semangat seperti itu harus dipupuk dalam kehidupan berbangsa kita.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: